oleh

Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia Jangan Cuma Jadi Wacana !

-Polhukam-15.816 views

Jakarta – Ketua Cabang GMKI Jakarta Agung Tamtam berharap gagasan besar “Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia” yang digaungkan oleh pemerintahan Jokowi bisa di wujudkan.

“Jangan sampai “Poros Maritim Dunia” hanya jadi wacana besar tapi minim pelaksanaan,” kata Tamtam dalam Diskusi Publik dengan Tema: “Mewujudkan Kejayaan Maritim Indonesia dalam rangka mencapai Kedaulatan Pangan” di Gedung Yayasan Komunikasi Indonesia, Matraman 10, Jakarta Timur, Jumat (2/3/2018).

Lebih lanjut, Tamtam menyayangkan sikap pemerintah yang tidak pernah melibatkan elemen pemuda mengenai bagaimana membumikan dan mewujudkan visi besar poros maritim dunia.

“Padahal jika elemen pemuda dilibatkan maka tentunya akan sangat membantu pemerintah dalam mewujudkannya,” kata Tamtam.

Sementara itu, Freude TP Hutahaean dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI mengatakan upaya mencapai kedaulatan pangan adalah dengan mencapai kedaulatan maritim, salah satu caranya adalah menggalakkan upaya penenggelaman kapal di Era Menteri Susi Pudjiastuti. Upaya telah memberikan hasil signifikan kepada kondisi keuangan negara.

“Sektor perikanan telah memberikan sumbangan besar kepada perekonomian nasional,” katanya.

Ditempat yang sama, DR.Andreas Hutahaean dari Kementerian Koordinator Kemaritiman mengatakan bahwa salah satu kendala pelestarian laut adalah banyaknya sampah plastik di lautan yang kemudian dikonsumsi oleh ikan-ikan.

“Ikan itu kemudian ditangkap dan dibawa ke pasar ikan, kemudian dikonsumsi manusia, membuat turunnya kualitas kesehatan manusia ke depan,” jelasnya.

Selanjutnya, Herbert Marpaung selaku koordinator Lembaga Pemantau Poros Maritim GMKI, mengatakan bahwa GMKI sesuai keputusan Kongres akan memperhatikan isu-isu tentang kelautan.

“Ini adalah upaya dari GMKI untuk turut serta dalam pelestarian Laut demi tercapainya kedaulatan pangan,” pungkasnya.

Komentar

News Feed