Majelis Al Khidmah Gelar Haul Akbar, Ajak Jamaah Jaga Kondusifitas Usai Pemilu 2024

Berita Utama559 views

Jakarta – Majelis Al-Khidmah menggelar acara Dzikir Maulidurrasul dan Haul Akbar Jakarta 2024 di Masjid Istiqlal, Jakarta, yang bertemakan “Indonesia Berdzikir” pada Minggu (18/2/2024).

Sejak dini hari, Jamaah Majelis Al-Khidmah lebih kurang 10.000 jamaah yang berasal dari Jakarta dan sekitarnya serta perwakilan Jamaah Al Khidmah dari beberapa daerah yang datang dan memutihkan Masjid Istiqlal. Kegiatan ini diadakan dengan tujuan untuk mengajak masyarakat untuk bersama-sama mendoakan kedamaian, kesejahteraan dan keselamatan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pada kesempatan itu, Ketua Umum PP Majelis Al-Khidmah H Mohammad Uripan mengingatkan kepada seluruh jamaah agar senantiasa menjaga kekondusifan negara pasca-pemilihan umum (pemilu) atau pesta demokrasi 2024.

“Hari ini kita berdoa bersama untuk keselamatan bangsa dan negara kita. Semoga berkah majelis dzikir ini dapat memberikan kesejukan dan kedamaian, terutama pasca-pemilu yang baru berjalan empat hari yang lalu. Semoga DKI Jakarta khususnya dan bangsa Indonesia umumnya tetap aman dan kondusif,” kata Uripan.

Ia mengatakan, setiap warga negara diperbolehkan dan memang memiliki hak untuk menentukan pilihan. Namun meski berbeda dalam pilihan, ia mengingatkan bahwa sesama anak bangsa adalah saudara.

“Pilihan kita boleh berbeda, tapi kita tetap bersaudara. Siapa pun presiden yang terpilih nanti, berkat semoga diberikan istiqamah untuk memperjuangkan dan bisa membawa Negara Republik Indonesia yang kita banggakan ini menjadi lebih baik,” tutur Uripan.

Uripan juga menjelaskan bahwa Majelis Al-Khidmah dibentuk dan didirikan oleh KH Ahmad Asrori Al-Ishaq di Semarang pada 2005 silam. Sementara kegiatan Majelis Al-Khidmah di Masjid Istiqlal hari ini merupakan ikhtiar meningkatkan nilai spiritual untuk mewujudkan Indonesia yang damai dengan generasi yang saleh dan salehah.

“Al-Khidmah ini sebagai organisasi masyarakat yang memiliki visi utama untuk membangun kehidupan yang dilandasi nilai spiritual, nilai penghargaan, dan penghormatan kepada para leluhur kita, guru-guru kita, para pendiri bangsa,” ujarnya.

Selain itu, Majelis Al-Khidmah mempunyai tujuan untuk mewujudkan generasi keluarga dan masyarakat, serta generasi pemimpin. Mereka juga berkomitmen untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang rukun, damai, tenteram, dan bahagia dunia akhirat.

Lebih lanjut, Uripan mengatakan bahwa kehadiran Majelis Al-Khidmah di DKI Jakarta sangat memberikan nilai positif untuk mewarnai kota metropolitan yang sangat membutuhkan sentuhan rohani di tengah jiwa yang dahaga.

“Guru kita Kiai Ahmad Asrori Al-Ishaq berharap agar Jamaah Al-Khidmah dikembangkan ke semua lapisan masyarakat yang keberadaannya menjadi penyejuk dan pengayom bagi semua masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua PW Al-Khidmah DKI Jakarta H Asing Irawan mengungkapkan bahwa keberhasilan kegiatan Haul Akbar Jakarta di Masjid Istiqlal pada hari ini merupakan hasil kolaborasi yang baik antara panitia dengan pihak pengamanan Polda Metro Jaya, jajaran Pengurus Takmir Masjid Istiqlal Jakarta, serta seluruh stakeholder lain yang turut membantu.

“Alhamdulillah, berkah para habaib dan masyayikh serta dukungan dari semua pihak, Majelis Haul Akbar Jakarta ini dapat terlaksana. Semoga ke depannya majelis ini dapat terus diselenggarakan secara istiqamah hatta ilaa yaumil qiyamah (sampai hari kiamat),” pungkasnya.

Selain pembacaan maulid, dalam kegiatan Haul Akbar Jakarta ini juga dilakukan pembacaan dzikir akbar yang bersama-sama mendoakan keselamatan bangsa Indonesia.

Komentar