Bantah Ajakan Demo Besar-besaran oleh Pemuda Melayu, Polda Kepri : Dipastikan Hoaks

Berita Utama793 views

Batam – Polda Kepulauan Riau (Kepri) dengan tegas membantah adanya kabar mengenai ajakan demo besar-besaran oleh Pemuda Melayu yang beredar di media sosial pada tanggal 23 September 2023.

Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol. Zahwani Pandra Arsyad, menyatakan bahwa informasi tersebut adalah hoaks atau tidak benar.

“Adanya ajakan demo besar-besaran oleh Pemuda Melayu pada hari ini itu tidak benar,” ujarnya melansir dari ANTARA, Minggu(24/9/2023).

Dengan adanya informasi bohong tersebut, Pandra meminta pihak yang mengunggah informasi tersebut, harus mempertanggungjawabkan perbuatannya secara hukum.

“Karena hal tersebut dapat dikenai pidana sesuai Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE),” kata dia.

Guna mencegah penyebarluasan secara masif, dia mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak menyebarkan (share). “Saya minta ke seluruh masyarakat yang menerima atau mendapatkan berita bohong itu, jangan disebarkan. Karena, sistem keamanan Polri sudah berjalan,” katanya

Pandra menyampaikan, pentingnya memeriksa dan memverifikasi informasi sebelum mempercayainya atau menyebarkannya. Gunakan sumber berita terpercaya, situs web resmi, atau pernyataan dari pihak berwenang untuk mendapatkan informasi yang sah dan dapat dipercaya.

“Masyarakat Rempang saat ini sudah beraktifitas normal seperti biasa, diharapkan untuk tidak membuat hati dan perasaan saudara-saudara kita jadi mencekam, dengan informasi-informasi yang bersifat provokatif bukan informatif sesuai fakta yang saat ini terjadi,“ ujar Pandra.

Komentar