oleh

TB Hasanuddin Minta Komnas HAM Tunggu Hasil Penyelidikan Timsus Polri

JAKARTA, Berkeadilan.com – Anggota Komisi I DPR RI Mayjen TNI (purn) TB Hasanuddin meminta agar Komnas HAM tak ikut campur penyelidikan kasus penembakan Brigadir J atau Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat. Seperti diketahui, penyelidikan atas kasus Brigadir J saat ini masih dalam proses.

Hasanuddin meminta Komnas HAM menunggu kesimpulan akhir tim khusus bentukan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. “Menarik sekali ketika Komnas HAM ikut heboh dalam penyelidikan dan penyidikan kasus ini,” kata Hasanuddin seperti dikutip dalam keterangan tertulis, Minggu (31/07/2022).

Lebih lanjut Hasanuddin menegaskan, kejadian tersebut, bukanlah pelanggaran HAM atau belum diidentifikasikan sebagai pelanggaran HAM.

“Mengapa Komnas HAM lebih aktif dibandingkan tim khusus yang dibentuk Kapolri yang ditugaskan untuk menuntaskan kasus tersebut?” ujarnya.

“Apakah nanti tak mengganggu bila Komnas HAM kemudian membuka hasil temuan CCTV atau keterangan saksi-saksi yang baru sebagian. Padahal penyidik harus membuat kesimpulan akhir terkait kasus tersebut,” tutur Hasanuddin.

“Saran saya kita tunggu saja hasil penyelidikan polisi. Jangan membuat analisa-analisa liar, percayakan pada yang berwenang,” ungkapnya. []

Di samping itu, Hasanuddin juga mempertanyakan kinerja dari tim khusus bentukan Kapolri yang hingga saat ini belum pernah menyampaikan progres penyidikannya, malahan didahului oleh Komnas HAM.

Komentar