oleh

Sekum FOBI Sulsel Syahril Ungkap Indonesia Punya Banyak Atlet Berprestasi Pada Olahraga Barongsai

Berkeadilan.com – Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) Kabupaten Sidenreng Rappang sukses menggelar Musyawarah Kabupaten (Muskab) pada hari Sabtu, tanggal 25 Desember 2021 di salah satu Café di Kecamatan Dua Pitue, Kabupaten Sidrap.

Muskab tersebut menandai bahwa cabang olahraga barongsai telah terbentuk di Kabupaten Sidrap.

Adapun agenda utama dari kegiatan tersebut adalah memilih dan menyusun kepengurusan, dilanjutkan dengan agenda pembahasan langkah-langkah strategis dalam memperkenalkan olahraga barongsai di Sidrap.

“Musyawarah Kabupaten FOBI di Kabupaten Sidrap ini merupakan awal untuk kami memperkenalkan olahraga Barongsai di Kabupaten Sidrap,” ungkap Pandi yang merupakan Ketua Panitia Muskab FOBI Sidrap.

Seperti diketahui, cabang olahraga Barongsai telah resmi menjadi anggota Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) sehingga saat ini Barongsai adalah salah satu olahraga yang juga dipertandingkan.

Musyawarah Kabupaten yang berlansung dalam semangat kekeluargaan ini dihadiri oleh Sekretaris Umum Pengurus Provinsi FOBI Sulawesi Selatan, Syahril, beserta rombongan, Sekretaris KONI Sidrap Achmad Jafar, dan sejumlah undangan lainnya.

Hasil Muskab FOBI Sidrap telah menetapkan saudara Andi Patonangi sebagai Ketua FOBI Sidrap untuk periode 2021 – 2025.

Andi Patonangi berterima kasih kepada Pengurus Provinsi FOBI Sulsel dan KONI Sidrap atas kepercayaan dan dukungannya untuk memimpin organisasi ini.

“Tentu ini tantangan dan hal baru buat saya, untuk ikut memperkenalkan Olahraga Barongsai khususnya di Sidenreng Rappang. Sebagai bentuk olahraga, Barongsai belum banyak dikenal orang, tapi sebagai budaya dan tradisi tentu Barongsai sudah dikenal dan mendunia,” ujar Andi Patonangi.

Dalam sambutan dan arahannya, Sekretaris Umum FOBI Sulsel, Syahril, mengatakan olahraga barongsai telah banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, dan sudah banyak juga atlet Indonesia yang berprestasi dalam olahraga ini.

“Barongsai saat ini sudah bukan budaya saja, tapi sudah menjadi olahraga. Atletnya 80% sudah non Tionghoa, artinya masyarakat Indonesia sudah banyak yang jadi atlet, dan itu juga membuktikan bahwa barongsai ini sudah diterima di masyarakat Indonesia,” ungkap Syahril.

Sekretaris Umum KONI Sidrap Achmad Jafar yang menghadiri acara ini menyambut baik terbentuknya FOBI di Sidrap dan juga menilai bahwa barongsai merupakan salah satu seni atraksi ketangkasan yang banyak diminati masyarakat.

“Selamat bergabung di KONI Sidrap untuk FOBI. Kehadiran FOBI di Sidrap sebagai salah satu cabang olahraga merupakan nuansa baru keolahragaan Sidrap, karena FOBI selain sebagai salah satu cabang olahraga juga merupakan salah satu atraksi ketangkasan yang Insya Allah akan diminati oleh masyarakat Sidrap,” harap Achmad Jafar. *Ndi

Komentar