oleh

Masyarakat Desa Tanah Kuning-Mangkupadi Siap Sukseskan Proyek Strategis Nasional KIPI di Bulungan Kaltara

Pengembangan Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) Tanah Kuning-Mangkupadi di Kecamatan Tanjung Palas Timur, Bulungan diproyeksikan mampu menguasai kawasan Asia Pasifik. Hal itu sejalan dengan adanya kawasan industri strategis.

Asisten Deputi (Asdep) Investasi Strategis, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves), Bimo Wijayanto menyatakan bahwa pengembangan proyek KIPI merupakan cita-cita besar Indonesia selain Pemprov Kaltara maupun Pemkab Bulungan. “KIPI ini berpeluang menguasai perekonomian Asia-Pasifik dengan adanya industri strategis,” kata Bima.

Oleh karena itu, Pemkab Bulungan maupun Pemprov Kaltara diharapkan mendukung rencana pengembangan kawasan industri tersebut. “Tanpa support dari pemda tentunya pengembangan sulit untuk dilakukan,” bebernya.

Sejauh ini pihak perusahaan telah melakukan pembebasan lahan masyarakat yang masuk di area Proyek Strategis Nasional Pembangunan Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional.

Beberapa kendala dihadapi pada saat tahapan pembebasan lahan yaitu terdapat beberapa masyarakat yang belum bersedia membebaskan lahannya meskipun demikian pihak perusahaan perlahan bersama perangkat desa dan daerah melakukan pendekatan secara khusus demi kelancaran pembebasan lahan.

Secara umum masyarakat bersedia dan mendukung Proyek Strategis Nasional di Desa Tanah Kuning dan Mangkupadi demi peningkatan perekonomian dan tersedianya lapangan pekerjaan.

Komentar