oleh

Kapolda Jambi Bersinergi dengan Tim Kemenkopolhukam RI, Cek Ricek Aplikasi ASAP Digital

JAMBI – Kapolda Jambi Irjen Pol.A.Rachmad Wibowo,S.I.K, sambut kedatangan Tim Kemenkopolhukam RI Terkait Pengecekan aplikasi Asap Digital Di Ruang Command Center Mapolda Jambi, Selasa 14/12/21.

Kapolda Jambi bersama Danrem 042/Gapu dan pejabat utama Polda Jambi menyambut kedatangan Tim Kemenkopolhukam Republik Indonesia.

Rombongan Tim Kemenkopolhukam yang berkunjung Deputi Bidkoor Pertahanan Negara Mayjen TNI Hilman Hadi, S.I.P., M.B.A., M.Han., Asdep Koordinasi Kekuatan, Kemampuan dan Kerjasama Pertahanan Brigjen TNI Suparjo, Asdep Koordinasi Doktrin dan Strategi Pertahanan Brigjen TNI Frenky E. Riupassa,. Kabid Kerjasama Pertahanan Kolonel Inf. Kartika Adi Putranta, Analis Politik, Hukum dan Keamanan Domaeld Putra.

Kapolda Jambi Irjen Pol.A.Rachmad Wibowo,S.I.K melalui Kabid Humas Polda Jambi Kombes Pol. Mulia Prianto Menyampaikan “Tim Kemenkopolhukam RI berkunjung Ke mapolda Jambi untuk melakukan Pengecekan aplikasi Asap Digital Di Ruang Command Center Mapolda Jambi”.

Kapolda Jambi Irjen Pol.A.Rachmad Wibowo Memaparkan didepan Tim Kemenkopolhukam RI dan rombongan terkait Asap Digital singkatan dari Aplikasi sistim analisa pengendalian Karhutla secara digital, Asap Digital dibangun sejak Tahun 2020 bekerja sama dengan PT. Telkom dan perusahaan perkebunan dan kehutanan yang ada di Provinsi Jambi, serta didukung oleh instansi terkait yaitu TNI, BPBD Prov. Jambi, Dinas Kehutanan Prov. Jambi dan Dinas Perkebunan Prov. Jambi” ujar Kabid Humas.

Tambah Kabid Humas Polda Jambi Asap digital memiliki 3 layar monitoring, Layar yang pertama guna memantau titik titik rawan karhutla di Provinsi Jambi dan Layar yang kedua untuk memantau hostpot yang ada di Provinsi Jambi.

Sedangkan untuk layar yang ke tiga, guna pemantauan personil untuk melakukan komunikasi dengan anggota di sekitar tempat kebakaran dan jika personil Polri menemukan titik api yang sulit di jangkau dan api semakin besar, maka bisa langsung mengirimkan peringatan ke personil Asap Digital dan akan memberitahu Danrem 042/Gapu serta memerintahkan helikopter waterbom untuk memadamkan api.

Kapolda Jambi juga menjelaskan pada Tahun 2021 Polda Jambi telah menangani 78 kejadian Karhutla dengan rincian 13 Laporan Petugas, 19 kasus terpantau Asap Digital, 33 laporan dari masyarakat dan 8 Laporan Patroli Udara” terang Kabid Humas Polda Jambi.

Komentar

News Feed