oleh

Keren! Desa Cikolelet Jadi Desa Favorit 2021

JAKARTA, Berkeadilan.com – Desa Cikolelet menjadi Desa terfavorit 2021 dalam malam penganugerahan desa wisata 2021 yang digelar Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (kemenparikraf), Jakarta, Selasa (7/12).

Desa Wisata Cikolelet mengalahkan 49 Desa Wisata yang telah dipilih oleh kemenparikraf. Penentuan penilaian berdasarkan views dan like youtube pada channel Official Kemenparikraf.

Penghargaan langsung diberikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Uno. ÔÇťAnugerah Desa Wisata diharapkan dapat menjadi daya ungkit untuk desa wisata di Indonesia agar bisa bangkit di era pandemi,” kata Sandiaga.

Acara tersebut bertujuan agar 57.000 desa di seluruh Indonesia yang memiliki daya tarik wisata, tergerak untuk mendaftarkan desanya ke dalam program Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021.

Tidak hanya itu, kegiatan ini juga bisa membangun motivasi bagi pengembangan desa dan menjadi penggerak ekonomi tingkat desa melalui desa wisata.

Diketahui Desa Wisata Cikokelet memiliki sejumlah daya tarik wisata. Seperti memiliki pemandangan Curug Lawang, yakni air terjun di tengah hutan rindang yang dapat dinikmati wisatawan saat berkunjung ke Desa Wisata Cikolelet. Selain menikmati kearifan lokal yang ditawarkan desa wisata, pengunjung juga bisa melakukan kegiatan wisata alam di sini.

Selain itu, beragam produk ekonomi kreatif dapat ditemukan di Desa Cikolelet. Beberapa di antaranya adalah produk susu kambing etawa, budidaya dan olahan jamur, serta emping melinjo.

Kemudian ada kerajinan atap dari daun rumbia, olahan limbah, dendeng ikan lele dan limbat, penyulingan minyak kelapa, juga budidaya burung puyuh.

Wisatawan dapat melihat dan belajar langsung seputar pembuatan aneka ragam produk ekonomi kreatif tersebut.

Kepala Desa Wisata Cikolelet, Ojat Sudrajat mengatakan, tidak menyangka berhasil mendapatkan penghargaan tersebut. “Dalam kesempatan ini, saya juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah dan seluruh masyarakat yang telah mendukung Desa Cikolelet menjadi desa terbaik.” Tegas Ojat kepada Sultan TV.

Menurutnya, penghargaan yang berhasil diterima Desa Cikolelet menjadi motivasi untuk terus berbenah dan terus menunjukkan yang terbaik.

Selain menjadi Desa Wisata Favorit, Desa Wisata Cikolelet berhasil meraih juara ke-5 terfavorit desa wisata rintisan 2021 dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia. []

Komentar