oleh

DPP LIPPI Apresiasi Terobosan Polri yang Selenggarakan Lomba Orasi dalam Rangka Hari HAM

JAKARTA – Dewan Pimpinan Pusat Lembaga Independen Pemuda Pemerhati Indonesia (DPP LIPPI) menyampaikan dukungan, atas rencana memperingati Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia dengan menyelenggarakan Lomba Orasi Unjuk Rasa memperebutkan Piala Kapolri pada 10 Desember 2021.

“Kegiatan yang di inisiasi Kapolri ini akan menjadi bukti bahwa Polri sangat terbuka dengan aspirasi pemuda & mahasiswa terlebih kalangan di aspirasi di masyarakat,” tegas Ketua Umum DPP LIPPI Dedi Siregar, hari ini.

Dikatakannya, Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia Setiap tanggal 10 Desember diperingati sebagai kaum Humanisme itu, ini akan menjadi sejarah pertama Polri memperingati HAM sedunia dengan bentuk menampung aspirasi melalui lomba orasi dan ini juga dapat menjawab selama ini jika ada yang meragukan bahwa polri tidak menghormati aspirasi masyarakat.

“Kami mengapresiasi terobosan yang di canangkan oleh Kepala Kepolisian Republik Indonesia Jenderal Listyo Sigit Prabowo melalui dalam momentum Hari Hak Asasi Manusia (HAM) sedunia yang diperingati bentuk ajang Perlombaan yang akan menampung aspirasi dan memberikan edukasi dalam orasi unjuk rasa,” sebutnya.

Pihaknya menilai selama masa kepemimpinan Jenderal. Listyo Sigit Prabowo beliau terus melakukan Inovasi dan Pengaplikasian di dalam tubuh polri sebagai Polri presisi telah menunjukkan contoh yang baik dan beliau sangat menjaga martabat institusi.

“Atas dasar itulah maka kami mengapresiasi dan menyambut baik terobosan yang di lakukan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dengan memperingati hari Hak Asasi Manusia dalam bentuk kegiatan Lomba Orasi Unjuk Rasa dengan merebutkan Piala Kapolri yang semata bertujuan untuk memberikan ruang dan wadah kepada masyarakat dalam menyampaikan aspirasi dan pandangan terhadap intitusi Polri,” sebutnya.

Seperti diketahui nantinya lomba orasi ini dilaksanakan di 34 polda seluruh Indonesia. Adapun teknis lomba orasi itu nantinya akan melalui seleksi di tingkat polda yang nantinya akan disaring untuk masuk ke tingkat Mabes Polri. Lomba orasi ini mempersilakan seluruh unsur elemen masyarakat ikut berpartisipasi, mulai dari mahasiswa, buruh, tani, hingga elemen lainnya. Lomba ini terdiri atas satu tim yang bisa berisikan 5—15 orang.

Disebutkan pula bahwa pendaftaran lomba sejak 25—30 November 2021. Setelah melewati penyaringan di tingkat polda, pada tanggal 10 Desember peserta yang juara pertama di daerah akan tampil di tingkat pusat atau Mabes Polri. Dalam perlombaan ini, Polri menyiapkan hadiah senilai Rp50 juta untuk juara pertama; Rp30 juta untuk juara kedua; dan Rp20 juta untuk peserta juara ketiga.

Komentar

News Feed