oleh

Peringati HKN ke-57, Gubernur Banten Janji Perhatikan Layanan Kesehatan di Banten Selatan

LEBAK BANTEN, Berkeadilan.com – Pemprov Banten melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten menggelar peringatan ke-57 Hari Kesehatan Nasional (HKN) di Lapangan Merdeka, Cilograng, Kabupaten Lebak, Kamis (11/11). Acara bertajuk Sehat Negeriku, Tumbuh Indonesiaku itu dihadiri oleh Gubernur Banten Wahidin Halim dan Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy.

Gubernur Banten Wahidin Halim menyampaikan, kesehatan merupakan pelayanan dasar dimana negara harus hadir untuk melayani masyarakat. Wahidin juga mengapresiasi peran tenaga kesehatan (nakes) dalam menangani penularan Covid-19 di Banten.

“Kita gencar lakukan vaksinasi untuk tekan penyebaran Covid-19,” jelas WH, sapaan akrab Wahidin Halim saat memberikan sambutan pada acara tersebut, di Cilograng, Lebak, Banten.

Gubernur Banten menambahkan, Pemprov Banten saat ini juga tengah fokus pada infrastruktur jalan di kawasan Banten Selatan, termasuk di Cilograng yang berbatasan dengan Sukabumi. “Kita bangun Rumah Sakit Cilograng untuk mendekatkan fasilitas layanan kesehatan pada masyarakat sekitar. Pembangunan RS Cilograng diharapkan menjadi solusi pelayanan kesehatan di wilayah Cilograng dan sekitarnya,” jelas Gubernur.

Keberadaan RS di Cilograng, tambah WH, juga akan menunjang kegiatan pariwisata yang ada di sekitar wilayah Cilograng. “Rumah Sakit Cilograng juga akan melayani pengunjung atau wisatawan yang sedang berlibur di sini. Konsep ini kita sebut health tourism,” terangnya.

Dalam laporannya, Kepala Dinkes Provinsi Banten dr Ati Pramudji Hastuti mengatakan, ada banyak kegiatan yang akan dilaksanakan pada peringatan ke-57 HKN tingkat Provinsi Banten. “Pada kesempatan ini juga akan diberikan penghargaan kepada tenaga kesehatan di Banten pada 16 kategori,” kata Ati.

Sekadar diketahui, ada berbagai kegiatan yang dilaksanakan pada peringatan ke-57 HKN diantaranya sunatan massal, pengobatan massal, vaksinasi gratis, secreening TB, dan screening PTM. Selain itu, ada juga kegiatan donor darah, makan buah bersama, pembagian sembako, penyerahan penghargaan, dan peninjauan Rumah Sakit Cilograng.[]

Komentar

News Feed