oleh

Outbound PMM Gondanglegi Sebagai Ajang Silahturahmi Antar Warga

 

Pengabdian masyarakat oleh mahasiswa (PMM) UMM nampaknya memberikan nilai positif pada warga lingkungan Gondanglegi. Hal itu terlihat dari antusias warga yang ikut andil dalam beberapa kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa PMM kelompok 52 gelombang 14. Kelompok yang beranggotakan 4 orang yang diketuai oleh Alifa Nur menjadi satu satunya kelompok yang melakukan pengabdian di lingkungan Gondanglegi Blitar.
Bapak Suwoko selaku kepala Kelurahan Sutojayan Lingkungan Gondanglegi mengatakan pihaknya sangat senang kerena daerahnya menjadi tempat pengabdian oleh mahasiswa. Ia juga menuturkan bahwa selain kegiatan yang ada dalam proker PMM UMM Gondanglegi yang sengat erat hubungannya dengan masyarakat, ia juga merasa senang karena tanpa terencana dia bisa nostalgia lagi dengan kenangan semasa menjadi mahasiswa.
Kegiatan PMM UMM Gondanglegi yang dilakukan sejak tanggal 30 september – 3 oktober 2021 secara sistematis sangat terbantu akan kebaikan pihak dari lingkungan Gondanglegi. Alifa Nur menuturkan bahwa pihaknya sangat terbantu akan fasilitas yang disediakan oleh pihak lingkungan Gondanglegi, mulai dari tempat tinggal gratis bahkan pihaknya juga dipinjamkan motor untuk mempermudah kegiatan demi kegiatan.
Dalam melakukan kegiatan PMM ini, Alifa Nur juga menyebutkan bahwa pihaknya berkolaborasi dengan organisasi pemuda yaitu Karang Taruna lingkungan Gondanglegi. Ia juga menyampaikan bahwa pihaknya pada awala kegiatan PMM dilakukan telah mengajak ketua Karang taruna Bapak sukar 43th untuk membantu sehingga kegiatan PMM UMM ini sesuai dengan apa yang diharapkan oleh masyarakat Lingkungan Gondanglegi.
Kamis, 30 September 2021 PMM UMM Gondanglegi melakukan kegiatan outbound, kegiatan ini diisi dengan perlombaan-perlombaan. Mulai anak-anak kecil di lingkungan tersebut sampai pada kaum muda pun diikutsertakan dalam perlombaan perlombaan.
Alifa Nur mengatakan bahwa kegiatan ini sebetulnya bukan hanya sekedar untuk hiburan untuk masyarakat Lingkungan Gondanglegi. Tetapi lebih dari itu kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai ajang silaturahmi antar warga.
Kegiatan yang dimulai dari lomba lari kelereng, lomba balap karung, lomba makan kerupuk, dan terakhir pemberian hadiah untuk para pemenang. Kegiatan ini nampaknya cukup sukses dilaksanakan, kerena banyak masyarakat yang hadir baik mereka yang hanya untuk menonton perlombaan atau untuk bermain dalam perlombaan.
Dalam kegiatan ini tentunya sudah menerapkan prokes kesehatan, mulai dari mencuci tangan sebelum masuk lapangan, menggunakan hand sanitizer, serta telah dilakukan penyemprotan disinfektan terlebih dahulu sebelum kegiatan outbound ini dilakukan. Tutur Alifa Nur selaku koordinator kelompok 52 gelombang 14.
“ saya sangat senang dengan adanya outbound ini, walaupun kegiatan nya sangat sederhana yang hanya diisi dengan tiga perlombaan. Tapi ini sudah menjadi senyum bahagia bagi anak anak lingkungan Gondanglegi , kerena mereka bisa bermain bersama sama yang itu sudah lama tidak bisa dimainkan karena adanya covid 19. Tidak hanya untuk anak anak saya selaku ketua Karang taruna juga ikut senang karena bisa menyaksikan anak kecil bisa bermain bersama yang hal itu menjadi tontonan menarik untuk disaksikan warga lingkungan Gondanglegi. Lebih dari itu saya sengat senang karena tempat kegiatan dilakuka kegiatan ini juga menjadi tempat silaturahmi antar warga yang satu dan lainnya.” Tutur bapak Sukar setalah pelaksanaan outbound
Kegiatan outbound ini ditutup dengan pemberian hadiah bagi para pemenang, setiap perlombaan dalam kegiatan ini di ambil tiga juara. Juara satu sampai tiga, namun dalam kegiatan PMM UMM kelompok 52 gelombang 14 juga memberikan apresiasi untuk yang berpartisipasi dalam perlombaan tersebut dengan memberikan hadiah yang tentunya tidak kalah bagus dengan para pemenang.
Kami hanya ingin belajar mengabdi dan berbagi untuk negeri, kerena bahagia tidak hanya hanya datang dalam diri akan tetapi melihat orang lain tersenyum dengan apa yang kita beri itu sudah cukup untuk kami tersenyum dalam hati. Ujar penulis dalam redaksi

Penulis: Habibullah PMM UMM Gondanglegi

Komentar

News Feed