oleh

Sosialisasi Pola Hidup Sehat Dilingkungan Gondanglegi

 

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang. Kelompok 52 gelombang 14 mengadakan kegiatan di lingkungan Gondanglegi, Kelurahan Sutojayan, Kabupaten Blitar. Dalam kegiatan ini anggota PMM melakukan edukasi yang ditujukan kepada anak kecil daerah setempat sebagai pemahaman pentingnya pola hidup sehat bagi anak usia dini. Dalam program ini, edukasi pola hidup sehat memang digunakan sebagai landasan kesehatan anak dalam menjaga diri.
Kegiatan Pola Hidup Sehat dilaksanakan pada hari Selasa, (28/9/2021) bertempat di rumah salah satu masyarakat. Kegiatan pola hidup sehat terdapat 2 kegiatan yang terdiri dari edukasi cara menggosok , dan mencuci tangan bersih. Kegiatan tersebut mendukung dalam pembelajaran awal terhadap pemahaman pentingnya pola hidup sehat.
Kegiatan ini dihadiri oleh anggota Karang taruna dan juga dibantu oleh pemiik tempat dilaksanakannya kegiatan ini.. Anggota karang taruna RT 03, Aegis dan Galih. Kedua Anggota tersebut sangat mengapresiasi kegiatan ini karena sasaran nya adalah anak usia dini yang membutuhkan pembelajaran lanjutan mengenai kesehatan badan.
“menurut saya, adanya kegiatan edukasi pola hidup sehat ini dapat memberi pengajaran terhadap anak mulai dari bagaimana cara gosok gigi yang benar serta cuci tangan sampai bersih, karena biasanya anak-anak tidak melakukan cuci tangan secara tepat”, ujar Agies.
Pendapat tersebut bisa dimaksudkan bahwa pembelajaran yang sederhana bisa menjadi tonggak pengetahuan lanjutan perihal kebersihan diri. Pembelajaran sederhana sikat gigi dan cuci tangan bisa menjadi usaha pemberantas kuman dari tangan dan mulut.
PMM UMM berkolaborasi dengan Karang taruna dalam melakukan pengecekan bagaimana anak-anak kecil melakukan sikat gigi, apakah menyeluruh ataukah hanya bagian yang terlihat saja. Karena objek yang dituju adalah anak usia 4-8 tahun yang masih awam dalam memahami pentingnya sikat gigi bagi kesehatan mulut. Walaupun masih ada beberapa anak yang kurang memahami bagaimana cara menyikat gigi dengan benar namun anggota PMM memberi pengajaran agar bisa diperagakan dengan tepat.
Alifa Nurrohma sebagai kordinator PMM UMM Gondanglegi mengatakan bahwa kegiatan tersebut difungsikan untuk memberi pengalaman pembelajaran anak tentang tata cara pola hidup sehat. pembelajaran tersebut bisa membuat anak mengetahui pentingnya kebersihan dan kesehatan diri dari yang paling kecil dan sederhana, imbuhnya.
“ Sisi positif dari kegiatan ini adalah, kita jadi mengetahui seberapa besar pemahaman anak terhadap pentingnya menjaga pola hidup sehat bagi tubuh, dilihat dari edukasi tersebut anak-anak diminta mempraktekkan cara menggosok gigi yang benar serta cuci tangan secara menyeluruh. Dari kedua kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa anak sudah memahami aspek dasar kebersihan hanya saja perlu mendalaminya, sehingga kami memberi pengajaran secara menyeluruh” ujar habib selaku Humas PMM dalam diskusi berikut.
Dalam kegiatan yang terhitung singkat tersebut diharapkan dapat menambah wawasan anak-anak dalam menjaga pola hidup sehat, serta bisa menerapkannya dalam kegiatan sehari-hari baik itu bangun tidur ataupun sebelum tidur.

Penulis : Elsa Erwin Selviana PMM UMM Gondanglegi

Komentar

News Feed