oleh

BSSN Dukung UMKM Go Digital Untuk Pemulihan Ekonomi

Berkeadilan.com – Dukung percepatan pemulihan ekonomi karena dampak Pandemi Covid-19, BSSN lakukan sinergitas dengan Pemerintah Banyuwangi untuk mendorong para pelaku UMKM go digital. Talkshow daring Bersama #siberminBaPer bertajuk “Kita dan UMKM Go Digital” menghadirkan Kepala BSSN, Letjen (purn) Hinsa Siburian sebagai keynote speaker, serta para narasumber lain yakni Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar, Pelaku usaha Go Digital Annisa Febby, serta Direktur Keamanan SIber dan Sandi Keuangan, Perdagangan dan Pariwisata BSSN, Edit Prima.

Dalam paparannya, Hinsa megatakan, dalam aktivitas siber terdapat aspek kesejahteraan masyarakat. Pada Tahun 2020 transaksi ekonomi digital di Indonesia mencapai USSD 44 Miliar. Angka yang sangat besar dan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat di Indonesia. Maka, BSSN dan pemerintah melihat peluang yang sangat besar pada transaksi ekonomi digital. Namun, seiring dengan besarnya potensi ekonomi yang digital yang ada, ancaman kejahatan siber juga akan meningkat.

“Ancaman ruang siber kita (Indonesia-red) berupa tindak kejahatan siber hacking dan social engineering dan human error. Pada tahun 2020, terdata sebanyak 9749 kasus peretasan situs dan 90.887 kebocoran data dari aktivitas malware pencuri informasi di Indonesia. Maka BSSN berkomitmen untuk terus meningkatkan sistem keamanan siber Indonesia salah satunya dengan bersinergi dengan Polri, Kejaksaan RI, BNPT, BNN, BIN, TNI, Kemhan, dan Kemenkominfo.”

Hinsa melanjutkan, kejahatan siber juga tentu akan menyentuh para pelaku UMKM digital dalam menjalankan usahanya. Untuk itu, BSSN berkomitmen untuk terus mendukung dan mendorong UMKM di seluruh Indonesia agar naik kelas, go digital, tetapi tetap aman dalam menajalankan usahanya. “BSSN berkolaborasi dengan para pemangku kepentingan dalam mendukung digitalisasi UMKM. Seperti diketahui, UMKM sangat berperan penting dalam peningkatan perekonomian Indonesia. Selain sinergitas yang dibangun, BSSN juga bertugas untuk meminimalisasi ancaman siber dan keamanan informasi digital untuk para pelaku UMKM dalam mendukung menjalankan bisnisnya.” Tegas Hinsa.

Sementara itu, Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani Azwar mengapresiasi BSSN yang telah mendukung para pelaku UMKM khususnya di Banyuwangi agar mampu Go Digital. Di Banyuwangi sendiri, terdapat program Bernama “UMKM Naik Kelas” yang berfokus pada peningkatan pemasaran dan penggunaan teknologi untuk dijadikan sebagai media pemasaran produk. “Saat ini lebih kurang sudah ada lima ribu UMKM di Banyuwangi yang sudah Go Digital dan mengantongi izin berbasis OSS.” Ungkap Ipuk.

Ipuk menjelaskan, dengan dukungan BSSN dan pemerintah Banyuwangi diharapkan pelaku UMKM bisa menaikkan level pemasarannya yang berdampak pada peningkatan perekonomian di Banyuwangi terlebih dalam masa pandemi seperti saat ini. “Kami Pemerintah Banyuwangi juga sangat konsen untuk meningkatkan level ekonomi masyarakat yang berada di aruw bawah.” Tegas Ipuk. []

Komentar

News Feed