oleh

Azis Syamsuddin : Kewirausahaan Digital Mendorong Penguatan Perekonomian Indonesia

NASIONAL – Pandemi global COVID-19 yang mewabah di seluruh dunia telah banyak memmengaruhi semua sektor kehidupan masyarakat. Pandemi COVID-19 telah membuat terjadinya perlambatan berbagai sektor ekonomi.

Sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang merupakan bagian terpenting dari sektor ekonomi sangat merasakan dampaknya.

Menurut Asian Development Bank (ADB) terkait dampak pandemi terhadap UMKM di Indonesia, sekitar 88 persen usaha mikro kehabisan dana atau tabungan, dan lebih dari 60 persen UMKM sudah mengurangi tenaga kerjanya.

Demikian disampaikan Wakil Ketua DPR RI Dr. M. Azis Syamsuddin dalam Webinar Forum Diskusi Publik yang mengangkat tema “Menyelamatkan UMKM Lewat Ekonomi Digital” pada Sabtu (14/8/2021).

Azis menambahkan, pengembangan UMKM berbasis digital menjadi salah satu alternatif penyelamatan UMKM di masa pandemi COVID-19.

“Kewirausahaan digital merupakan bentuk bisnis yang memanfaatkan teknologi digital, baik proses, hingga pada pemasaran produk dan jasa. Semua jenis usaha yang menjual produknya secara online termasuk dalam ranah kewirausahaan digital,” kata Azis.

Dengan demikian, lanjut Azis, masa depan kewirausahaan digital bisa menjadi salah satu faktor yang akan banyak memberikan kontribusi positif pada penguatan perekonomian Indonesia.

Ia mengatakan, kalau melihat prediksi Bank Indonesia mengenai UMKM, disitu diprediksikan bahwa transakasi UMKM tahun ini bakal tumbuh mencapai 33%.

“Tentu akan menjadi satu tolak ukur dan berkembang dari tahun ke tahun, dari 2020 kemudian ke 2021 dari Rp253 triliun menjadi Rp330 triliun, dan tentu tren ini akan terus naik secara gradual,” ujar Azis.

Menurut Azis, tren peningkatan jumlah transaksi UMKM tersebut ini harus diantisipasi, harus diperhitungkan oleh semua pihak, sehingga ini bisa menjadi bahan untuk melakukan prediksi-prediksi dengan rangka menggiatkan dan menggairahkan UMKM ini melalui ekonomi digital.

 

Hadir juga sebagai pembicara pada acara ini diantaranya R Niken Widiastuti yang juga merupakan Staf Khusus Menkominfo serta Ferdy Ferdian Azis, SH, MA yang merupakan Anggota DPRD Provinsi Lampung. *Ndi

Komentar

News Feed