Peringati Hari Hutan Indonesia : Kita Jaga Hutan, Hutan Jaga Kita

Berita Utama30,902 views

Jakarta – Pelestarian hutan Indonesia perlu terus digaungkan, termasuk di masa pandemi ini. Apalagi Indonesia merupakan hutan hujan tropis terluas ketiga di dunia, peringatan Hari Hutan Indonesia menjadi momentum untuk kita semakin mengingat dan menjaga setiap jengkal luasan hutan kita yang berisi keanekaragaman hayati. Adanya Hari Hutan Indonesia berarti satu hari khusus dalam setahun yang dipakai untuk mengingatkan kita pada keindahan, kekayaan, dan kemegahan hutan Indonesia, serta manfaat yang selama ini kita nikmati ketika manusia dapat hidup harmonis dengan alam, seperti, air dan udara bersih, sumber pangan dan obat-obatan, akar budaya berbagai suku bangsa Indonesia, hingga fungsi hutan sebagai penyerap karbon.

Sejak tahun lalu, peringatan Hari Hutan Indonesia (HHI) dirayakan setiap tanggal 7 Agustus. Tanggal ini dipilih sebagai momen refleksi disahkannya Instruksi Presiden Nomor 5 Tahun 2019 mengenai Penghentian Pemberian Izin Baru dan Penyempurnaan Tata Kelola Hutan Primer dan Lahan Gambut. Jika tahun lalu bertemakan “Hutan Kita Juara”, tahun ini mengambil tema “Kita Jaga Hutan, Hutan Jaga Kita”. Menariknya, tahun ini sudah terbentuk koalisi yang merupakan perwakilan publik inisiator peringatan HHI, yaitu sebanyak 26 organisasi, dan dinamakan Konsorsium HHI. Mereka antara lain, Ayo Ke Taman, Bogor Ngariung, Change.org Indonesia, Coaction Indonesia, Earth Hour Indonesia, Forum Konservasi Leuser, Hutan Itu Indonesia, Indorelawan, Kemitraan, KKI Warsi, Lindungi Hutan, Pantau Gambut, Perkumpulan Bentara Papua, Perkumpulan Kaoem Telapak, Rimba Makmur Utama, Terasmitra, Thirst Project Indonesia/ Watery Nation, WeCare.id, World Cleanup Day Indonesia, World Resources Institute (WRI) Indonesia, Yayasan Alam Sehat Lestari (ASRI), Yayasan HAkA, Yayasan KEHATI, Yayasan Madani Berkelanjutan, Yayasan Rekam Jejak Alam Nusantara, dan Zona Bening.

“Pada dasarnya Hari Hutan Indonesia adalah wadah dan gerakan publik, hari untuk semua orang Indonesia. Siapapun dapat bergabung dan bergerak dalam HHI, termasuk kami ber-26 organisasi yang sepakat untuk berkolaborasi dan bergotong royong membuat kampanye yang lebih besar lagi selain kerja masing-masing di organisasi kami. Harapan besarnya memang semakin banyak masyarakat dan organisasi lainnya dapat berpartisipasi dalam merayakan dengan caranya masing-masing untuk memastikan hutan Indonesia tetap lestari,” tegas Christian Natalie selaku salah satu Steering Committee Konsorsium HHI, perwakilan dari Hutan itu Indonesia.

“Sejak hari pertama, isu lingkungan hidup selalu menjadi isu yang ramai di Change.org. Dan hutan selalu menjadi kekhawatiran nomor 1 dalam isu tersebut dengan jutaan tanda-tangan. Dua dari tiga petisi terbesar lingkungan, terkait hutan Indonesia. Cukup jelas bahwa masyarakat peduli terhadap hutan Indonesia, dan ingin melihatnya terlindungi. Konteks yang memayungi kekhawatiran ini adalah Krisis Iklim. Dalam sebuah survei yang kami lakukan di 2020, 97% warga muda aktif percaya bahwa dampak krisis iklim bisa sama atau lebih dari dampak pandemi. Hal ini tidak mengejutkan karena anak mudalah yang akan mewarisi masalah-masalah ini di masa depan”, ucap Arief Aziz selaku Country Director Change.org Indonesia.

Sampai saat ini melalui situs https://harihutan.id/ sudah terdata 60 lebih kolaborator dari berbagai organisasi, serta lebih dari 660 sukarelawan yang bergabung melalui situs https://www.indorelawan.org/. Kemeriahan peringatan Hari Hutan Indonesia ini diisi dengan berbagai kegiatan kampanye seru, antara lain penggalangan donasi untuk pelestarian hutan Indonesia, peluncuran pameran virtual berisi ragam aksi menjaga hutan, serta rangkaian acara Festival Hari Hutan Indonesia yang akan berlangsung dari bulan Agustus hingga 31 Oktober mendatang, mulai dari talkshow “Kita Jaga Hutan, Hutan Jaga Kita”, webinar “The Healing Forest”, webinar RUU Masyarakat Adat, berbagai kompetisi, konser musik hingga peluncuran serial film pendek. Informasi mengenai keseruan acara Hari Hutan Indonesia bisa didapatkan di kanal media sosial dan website https://harihutan.id/.

“Kesuksesan peringatan HHI 2021 ini membutuhkan dukungan dan partisipasi dari berbagai pihak untuk bergotong royong menggaungkan kampanye pelestarian hutan Indonesia. Dari data Madani, luas hutan di tahun 2019 (Hutan Alam dan Hutan Tanaman) sebesar 93,9 juta hektare atau 49,3 % dari total daratan ini terlalu besar untuk hanya dijaga oleh Pemerintah atau segelintir kelompok saja. Bangsa ini butuh lebih banyak lagi penjaga hutan dengan aksinya masing-masing apapun latar belakang, profesi, daerah tempat tinggalnya, jadi kami membuka ruang kolaborasi semua pihak untuk dapat berinovasi di dalam peringatan ini”, kata Luluk Uliyah perwakilan dari Yayasan Madani Berkelanjutan.

Mari bergabung dalam perayaan Hari Hutan Indonesia
Kontak Media: Sdri. Tami, 0812-8177-3884, harihutan.id@gmail.com
Cara bergabung dan menjadi kolaborator: bit.ly/KolaboratorHHI2021
Website: www.harihutan.id | Instagram: @harihutan.id | Youtube: Hari Hutan Indonesia

Komentar