oleh

Tanggulangi Covid-19 di Perbatasan Indonesia-Timor Leste, MPPI Bagikan Masker dan Hand Sanitizer

Berkeadilan.com – Masyarakat Peduli Perbatasan Indonesia (MPPI) menggelar kegiatan pembagian masker, hand sanitizer dan wadah untuk mencuci tangan bagi warga yang ada di desa Napan, Kecamatan Bikomi, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU). Kawasan ini merupakan perbatasan antara Indonesia dengan Timor Leste.

Penjabat kepala Desa Napan, Marselus Siki menuturkan, bahwa kegiatan tersebut disasarkan kepada setiap masyarakat yang melintas di jalan. Jika kedapatan ada warga yang tidak mengenakan masker, maka pihaknya akan memberikan masker kepada mereka.

“Kami menyasar setiap warga yang melintas di jalan, yang tidak menggunakan masker, juga diberikan (masker). Bagi warga yang memiliki usaha kecil menengah seperti kios dan warung juga diberikan masker dan hand sanitizer,” kata Marselus, Selasa (20/7/2021).

Dijelaskan Marselus juga, bahwa seharusnya kegiatan bakti sosial ini dihadiri langsung oleh MPPI yang berbasis di Jakarta. Hanya saja karena adanya lonjakan kasus Covid-19 di hampir semua daerah di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa dan Bali hingga diberlakukannya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat darurat (PPKM Darurat), maka pihak MPPI terpaksa tidak bisa hadir.

“MPPI ini adalah sebuah lembaga yang yang berpusat di Jakarta dan sasaran utama kegiatan mereka adalah membantu masyarakat yang ada di wilayah perbatasan di seluruh Indonesia,” jelasnya.

Marselus juga mengungkapkan, bahwa pembagian masker, hand sanitizer dan wadah cuci tangan bagi warga merupakan salah satu bentuk kepedulian MPPI akan pentingnya melakukan proteksi diri terhadap ancaman wabah Covid- 19, terutama di wilayah perbatasan yang merupakan gerbang utama keluar masuknya warga antar Negara.

Kepada masyarakat, Marselus berpesan agar tetap patuh dan taat terhadap protokol kesehatan dan ikuti setiap anjuran dan instruksi Pemerintah.

“Masyarakat harus taat. Karena hanya dengan kedisiplinan dan kepatuhan yang tinggi terhadap protokol kesehatan maka kita bisa terhindar dari wabah Covid- 19. Taati 5 M yakni; Memakai masker, Menjaga jarak, Mencuci tangan, Menghindari kerumunan, dan Mengurangi mobilitas. Ini harus dijadikan prinsip”, pungkasnya.

Komentar

News Feed