oleh

Agenda Buka Bersama, IMAPA Jadetabek dan Personel Polda Metro Jaya Jaga Silaturahmi

JAKARTA – IMAPA Jadetabek menggelar kegiatan silaturahmi dan buka puasa bersama dengan Personel Polda Metro Jaya di Gedung PP PMKRI Jl. Samratulangi No. 1 Menteng Jakarta Pusat, Sabtu (8/5/2021).

Dalam kegiatan tersebut, telah disalurkan 200 box menu buka puasa dan diterima oleh Ketua Panitia IMAPA JADETABEK Sdr. Nepi Murib dan Sekertaris Sdr. Yekiles Wenda.

Turut hadir Kompol Yenmiko Sianturi, S.Sos (Kasubdit 5 Kamneg) dan Kompol Ervin (Kasubdit 6 Kamsus) Dit Intelkam PMJ beserta unit 2 dan anggota.

Kasubdit 5 Kamneg Polda Metro Jaya Kompol Yenmiko mengatakan ada empat bingkai kerukunan yang harus diimplementasikan agar persatuan dan kesatuan bangsa ini dapat terjaga.

Pertama, bingkai teologis, selalu mengedepankan dan mengembangkan sikap moderasi dalam beragama, menumbuhkan pemahaman teologi kerukunan, bukan teologi konflik.

“Kedua adalah bingkai politik, yaitu selalu mengedepankan empat konsensus nasional yang terdiri dari Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika,” ujarnya.

Ketiga, lanjut dia, adalah bingkai sosiologis, yaitu dengan mengedepankan pendekatan kultural dan kearifan lokal, serta bijak dalam berinteraksi sosial. Keempat, bingkai yuridis, yaitu dengan senantiasa patuh dan taat terhadap seluruh peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Kemajemukan dan keberagaman akan berpotensi menjadi benih perpecahan apabila tidak dijaga dan dirawat dengan baik. Namun kemajemukan akan menjadi kekuatan yang besar dan riil untuk membangun bangsa apabila kita bersama-sama menjaga dan merawatnya,” sebutnya lagi.

Sementara itu, perwakilan IMAPA menuturkan bahwa silaturahmi dan kerja sama semoga akan teta terjalin, untuk menciptakan keharmonisan NKRI.

“Kita tahu bahwa negara kita beragam, heterogen dan itu menjadikan kita negara yang besar. Di momen yang baik ini, bulan Ramadhan mari bersama-sama menciptakan keamanan, ketertiban dan kesejahteraan Indonesia,” tukasnya.

Komentar

News Feed