oleh

Nusantara Berkisah Seri 7 : Spirit Emansipasi Perempuan

DEPOK, Berkerkeadilan.com – Makara Art Center UI, Kulturina, Sultan TV, Forum Kebangsaan UI, kembali menggelar Nusantara Berkisah, Senin (26/4). Kali ini Nusantara Berkisah didukung pula oleh Kedai Ide Pancasila dan mengangkat tema “Mutiara Nusantara : Emansipasi Perempuan Indonesia untuk Kemajuan Bangsa.” Tema tersebut diambil dalam rangka Hari Kartini tanggal 21 April lalu.

Seperti telah diketahui, Kartini merupakan pejuang perempuan yang memperjuangkan emansipasi perempuan Indonesia hingga memperoleh kesetaraan dan mampu berdiri sama tinggi dengan laki-laki dalam segala sektor kehidupan. Nusantara Berkisah seri ke-7 menghadirkan pembicara dari Peneliti Gender UI Dr. Ari Prasetyo, Dosen Program Pascasarajana PTIQ Dr. Nur Rofiah, Perwakilan Kedai Ide Pancasila Hari Hadiputra.

Dalam pembahasannya, Ari Prasetyo memaparkan, sosok Kartini sudah menjadi perempuan yang dominan pada masanya. Di tengah himpitan dan tekanan dari budaya patriarki dan laki-laki, Kartini tanpa rasa takut tetap memperjuangkan emansipasi perempuan. “Saat hegemoni laki-laki dominan, Kartini tidak langsung mendobrak tekanan hegemoni tersebut. Namun Kartini dengan kecerdasannya, Kartini menulis banyak karya bertema semangat kesetaraan gender, sehingga pemikirannya lama-lama bisa diterima oleh masyarakat,” papar Ari.

Sementara itu, Dosen Program Pascasarjana UI, Nur Rofiah mengatakan, budaya yang berkembang dalam sejarah, perempuan dianggap mutlak dimiliki oleh laki-laki. Sehingga lak-laki dibolehkan melakukan eksploitasi terhadap perempuan. Pada awal abad ke-7 masehi, di jazirah Arab perempuan mulai mengalami perubahan kedudukan. Bahkan saat itu perempuan telah diperbolehkan  masuk ke dalam bidang parlemen. Nusantara berkisah seri ke-7 juga menghadirkan pula penampilan musik dan kesenian dari Dima and Friends juga kawan-kawan Mahasiswa UI. (Red)

Komentar

News Feed