oleh

Nusantara Berkisah 6 :  Teknologi di Masa Pandemi Ubah Kebiasaan Masyaraka

Berkeadilan.com – Indonesia terkenal sebagai negara yang memiliki berbagai macam suku dan budaya, di tengah kemajuan teknologi, manusia dituntut untuk dapat berpikir dalam menganalisis dan mengevaluasi.

Hal tersebut disampaikan oleh Dr. Haryatmoko dalam Nusantara berkisah episode 6 dengan tema “Kebhinekaan Nusantara” di Makara Art Center Universitas Indonesia, Rabu (10/3).

Lebih lanjut Haryatmoko mengatakan, di era industri 4.0, manusia harus dapat mengasah kreativitasnya, serta dapat menerima pandangan dan pendapat baru karena menurutnya seseorang akan mengalami kesulitan jika tidak mengikuti perkembangan zaman termasuk dalam hal mencari pekerjaan.

Berbeda dengan Haryatmoko, Aktivis Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Jefri Edi Irawan Gultom mengatakan, di masa pandemi seperti ini mengakibatkan perubahan kebiasaan dalam bermasyarakat. Menurut Jefri seharusnya kaum muda dapat terus menjaga kebudayaan lewat interaksi baik aktual maupun virtual. Selain itu, Jefri juga mengungkapkan untuk menjaga Kebhinekaan, dibutuhkan rasa saling menghormati satu sama lain tanpa adanya diskriminasi. Saling membangun antar individu, berkolaborasi, dan gotong royong untuk mencapai tujuan yang dicita-citakan.

Nusantara Berkisah kembali dipandu oleh dua host Tri Utami dan Al-Zastrouw. Dalam acara ini diisi oleh penampilan dari Cheppy Irawan. Diskusi talkshow Nusantara Berkisah ini dapat anda saksikan secara lengkap melalui Channel Youtube Sultan TV.

Komentar

News Feed