oleh

Keluarga Besar Kopassus Berduka, Jenderal (purn) Wismoyo Meninggal

Jakarta, Berkeadilan.com – Keluarga Besar TNI Angkatan Darat khususnya keluarga besar Komando Pasukan Khusus (Kopassus) hari ini berduka. Pasalnya, mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI (purn) Wismoyo Arismunandar meninggal dunia.

Kabar duka ini disampaikan oleh Kamak Kogartap 1/Jkt, Letkol Letkol Arm Soni Adi menyampaikan bahwa sang jenderal telah menghembuskan nafas terakhirnya pada pagi tadi.

“Telah meninggal dunia pada hari Kamis tanggal 28 Januari 2021 Pukul 04.29 WIB di RS Pondok Indah karena sakit,” kata Letkol Arm Soni, Kamis (28/1/2021).

Usai keluar dari Rumah Sakit Pondok Indah, jenazah dibawa ke rumah duka di Jl. Gempol Raya, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur untuk disemayamkan.

Prosesi penghormatan dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Andika Perkasa sebelum jenazah Jenderal (purn) Wismoyo diterbangkan ke Solo melalui Bandara Halim Perdanakusuma untuk dimakamkan.

Perlu diketahui, bahwa prestasi almarhum Jenderal (purn) Wismoyo Arismunandar cukup cemerlang di militer Indonesia. Pasalnya, ia pernah menjadi Pangdam XVII/Tkr atau Pangdam Cendrawasih pada tahun 1986. Kemudian ia juga pernah dipercaya menjadi Pangdam IV/Dip atau Pangdam Diponegoro Jawa Tengah pada tahun 1989.

Kemudian karirnya pun naik, ia selanjutnya dipercaya menjadi Panglima Komando Strategi Angkatan Darat (Pangkostrad) pada tahun 1990. Lalu ia pun dipercaya menjadi Wakil Staf Angkatan Darat (Wakasad) pada tahun 1992, hingga terakhir jabatannya sebagai KASAD pada tahun 1993-1995.

Sepanjang sepak terjangnya di militer itu, almarhum Jenderal (purn) TNI Wismoyo Arismunandar setidaknya pernah menyabet 6 penghargaan. Ia pernah mendapatkan penghargaan Bintang Mahaputera Adipradana, kemudian Bintang Yudha Dharma Utama, Bintang Swa Bhuwana Faksa Utama, Bintang Jalasena Utama, Bintang Bhayangkara Utama.

Terakhir, ia pernah mendapatkan penghargaan Bintang Kartika Eka Paksi (KEP) Utama. Di mana penghargaan itu merupakan tanda kehormatan yang dikeluarkan oleh TNI Angkatan Darat RI untuk anggota korpsnya di bidang militer yang telah menunjukkan kemampuan, kebijaksanaan dan jasa-jasa luar biasa melebihi panggilan kewajiban tanpa merugikan tugas pokok.

Komentar

News Feed