oleh

Bantu Tangani Covid-19, Puan Maharani Serukan Perkuat Dukungan dan Bantu Palestina

JAKARTA, Berkeadilan.com – Ketua DPR RI, Puan Maharani desak komunitas internasional dan warga dunia lainnya untuk membantu rakyat Palestina agar mendapatkan vaksinasi covid-19. Puan mengatakan, banyak kebutuhan mendesak untuk rakyat Palestina termasuk akses pemberian vaksinasi cpvid-19 untuk rakyat Palestina. Pada kesempatan lain, Menteri Kesehatan Israel, yuli Edelstein mengatakan, pihaknya tidak memiliki kewajiban atau tanggung jawab untuk memasok vaksin Covid-19 kepada warga Palestina di Tepi Barat dan Gaza.

Pada bagian lain Puan mengatakan, pandemi covid-19 dapat digunakan sebagai momentum untuk mendesak rekonsiliasi faksi-faksi di Palestina. Rakyat Palestina saat ini harus bersatu menghadapi pendudukan Israel dalam mengatasi pandemi Covid-19. Pernyataan tersebut disampaikan Puan saat menjadi salah seorang Keynote Speaker secara virtual dalam acara ‘Al-Quds brings us together –  Together against normalization of relations with the Zionist regime’ yang berlangsung di Teheran, Iran, Senin (18/1).

Lebih lanjut Puan menegaskan, komitmen Indonesia dalam mendukung  kemerdekaan Palestina tidak pernah berubah. Menurut Puan, Palestina adalah satu-satunya peserta Konferensi Bandung 1955 yang hingga kini belum merdeka sehingga Indonesia memiliki tanggung jawab moral untuk memastikan kemerdekaan rakyat Palestina.

“Saya ingin menegaskan dukungan kuat Indonesia terhadap “Solusi Dua Negara” dan dukungan terhadap rakyat Palestina untuk mencapai haknya sesuai batas sebelum tahun 1967 dan Yerusalem Timur sebagai ibukotanya,” ungkap Puan. []

Komentar

News Feed