oleh

Dari Pada Gandeng Artis, PAN Disarankan Lakukan Kaderisasi yang Benar

Inisiatifnews.com – Direktur eksekutif Indonesian Public Institute (IPI), Karyono Wibowo menilai sikap Partai Amanat Nasional (PAN) yang “doyan” menggandeng artis untuk bergabung adalah satu titik kelemahan partai berlambang bintang kejora itu.

Apalagi, pemilihan sosok artis untuk mengisi formasi di dalam tubuh partai karena melihat sisi popularitasnya belaka bisa membuat PAN maupu partai politik lainnya dianggap sebagai partai politik instan.

Kali ini, PAN dikabarkan telah menggandeng Denny Wahyudi atau yang dikenal publik sebagai Denny Cagur sebagai juru bicara partainya.

“Itu menandakan PAN dan juga partai lainnya semakin terjebak dalam situasi politik instan yang sekadar mementingkan popularitas demi kepentingan politik elektoral,” kata Karyono kepada wartawan, Senin (18/1/2021).

Partai yang kini dipimpin oleh Zulkifli Hasan itu dianggap Karyono menjadi partai yang sejatinya tidak percaya diri menghadapi kompetisi politik elektoral ke depan.

“Di satu sisi, hal itu menunjukkan, PAN semakin gamang dalam menghadapi kompetisi pemilu ke depan. Terlebih lagi, pendiri PAN Amien Rais sudah mendirikan partai UMMAT yang tentu saja menjadi salah satu pesaing PAN pada pemilu yang akan datang,” ujarnya.

Bagi Karyono, tidak menjadi soal sikap partai politik menggandeng kalangan selebritis, setidaknya untuk mengamankan sementara suara yang telah terjaring.

“Langkah ini memang cukup membantu, minimal mempertahankan suara PAN di tengah kompetisi sengit antar partai,” tandasnya.

Pun demikian, Karyono memberikan saran kepada seluruh partai agar tidak memilih cara-cara instan semacam itu untuk menjaga eksistensi partainya. Lebih baik, melakukan kaderisasi yang benar dan tepat sehingga sosok yang dijadikan patron tidak hanya sekedar populer, tapi paham persoalan yang sebenarnya.

“Inilah tantangan semua partai yang seharusnya melakukan dan mengedepankan proses kaderisasi untuk melahirkan dan mencetak kader-kader berkualitas, tidak sekadar mengandalkan popularitas secara instan,” tuturnya.

Komentar

News Feed