oleh

Hari Ini, KSPI Gelar Aksi Lanjutan Kawal Sidang UU Cipta Kerja di MK

Jakarta, Berkeadilan.com – Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) telah mengandakan aksi ujuk rasa di patung kuda Arjuna wiwaha pada hari Senin 18 Januari 2021 nanti.

Aksi tersebut bertujuan untu mengawal jalannya sidang judicial review terhadap UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja yang tengah berlangsung di Mahkamah Konstitusi (MK).

“Aksi-aksi di daerah ada di 18 titik akan tetap kami lakukan, ini adalah untuk sampaikan aspirasi kami kaum buruh. Aksi ini nanti tanggal 18 Januari saat sidang MK, dan ini adalah aksi ke 4,” kata Said Iqbal dalam konferensi pers virtualnya, Sabtu (16/1/2021).

Ia menyampaikan bahwa pihaknya sudah melayangkan surat pemberitahuan kepada Polri.

“Ijin dan pemberitahuan sudah kami sampaikan ke Polda Metro Jaya dan Mabes Polri,” ujarnya.

Dalam menjalankan aksinya, Said Iqbal menyatakan bahwa pihaknya akan tetap mematuhi protokol kesehatan sesuai yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Baik itu menjaga jarak aman karena hanya akan diikuti maksimal 50 orang, memakai masker dan membawa hand sanitizer.

Termasuk juga Iqbal ingin memastikan bahwa aksi yang akan digelar mulai pukul 10.00 WIB sampai 12.00 WIB tersebut akan berlangsung sangat kondusif, yang ia sebut sebagai aksi non violence.

“Kami akan ikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. Kami sudah 3 kali aksi, yang kali ketiga kami diminta untuk rapid test, kami ikut. Karena kami percaya protokol kesehatan yang dibuat pemerintah untuk melindungi rakyat,” terangnya.

Seperti biasa, aksinya tersebut juga akan dilakukan secara live di beberapa sosial media yang mereka kelola.

“Aksi akan diikuti aksi virtual, kami live streaming di Facebook dan Instagram. Aksi kemarin kami ditonton sebanyak 306.000 orang,” paparnya.

Perlu diketahui, bahwa agenda sidang judicial review di MK tentang UU Cipta Kerja akan mendengarkan keterangan dari termohon yakni pemerintah dan DPR RI.

Komentar

News Feed