oleh

Ahmad Riza Patria Buka Langsung Konas Menwa Gelar Rakomnas di Ancol

Berkeadilan.com – Komando Nasional Resimen Mahasiswa (Konas Menwa) Indonesia sebagai induk organisasi kader muda bela negara, Menwa se-Indonesia saat ini tengah menggelar Rapat Komando Nasional (Rakomnas) pada 11-13 Desember 2020.

Acara yang di gelar di Putri Duyung cottage Ancol Jakarta Utara ini dihadiri langsung oleh para Komandan Menwa atau perwakilan dari 26 Komando Menwa (Komenwa) se Indonesia dari 32 Komenwa yang ada. Sisanya mengikuti secara Daring (online).

Wakil Komandan Nasional Resimen Mahasiswa Indonesia, Erwin H Al-Jakartaty mengatakan, bahwa kegiatan ini dilakukan secara sederhana.

“Ya, kami menggelar acara Rakomnas ini secara sederhana, tidak dihadiri oleh banyak kader Menwa se Indonesia, hanya para pimpinan atau komandan Menwa atau yang mewakili, hadir sekitar 26 Komenwa dan ada 6 lagi yang mengikuti secara virtual,” kata Erwin dalam keterangannya kepada wartawan, Jumat (11/12/2020).

Acara tersebut dibuka langsung oleh Komandan Menwa Nasional yang juga sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Ariza Patria.

Menurut ketua panitia Rakomnas Menwa Indonesia tahun 2020, Kanedhi menyampaikan bahwa cara tersebut dilakukan dengan pertunjukan pentas seni.

“Acara diawali dengan pertunjukan seni palang pintu silat Betawi menyambut kedatangan Wagub/Dankonas Ariza Patria dan dilanjut seremonial pembukaan acara. Di mana kita gelar pula tarian Betawi Ronggeng Blantek guna menyambut kedatangan pimpinan Menwa dari berbagai daerah di Indonesia. Tarian itu sumbangan dari Silahturahim Besan Betawi (SBB) guna turut memeriahkan acara kami yang sederhana ini,” kata Kanedhi.

Dalam sambutannya, Ahmad Riza Patria menjelaskan bahwa kegiatan Rakomnas adalah forum tertinggi organisasi yang setingkat dengan Kongres atau Munas di organisasi lain, yang seharusnya bagi organisasi sebesar Menwa Indonesia harus dilakukan dengan peserta yang lebih banyak, “Cuma di masa pandemi ini kita harus patuhi protokol kesehatan yang berlaku,” ujar Riza Patria.

Lebih lanjut Wagub DKI Jakarta ini menegaskan bahwa forum Rakomnas ini harus menghasilkan keputusan-keputusan organisasi yang penting guna memperkuat konsepsi bela negara dan meminta agar Menwa terus aktif beraktifitas dan terlibat dalam berbagai upaya penanganan pencegahan Covid-19, masalah narkoba dan menjaga persatuan dan keutuhan bsngsa.

Acara diselenggarakan secara ketat dengan menerapkan protokol kesehatan di masa Covid-19. []

Komentar

News Feed