oleh

Sekum PP Muhammadiyah Minta Polisi Telurusi Video Adzan Aneh

Berkeadilan.com – Beredar video berupa azan yang menyelipkan lafaz ‘hayya alal jihad‘ viral di media sosial.

Mendapati adanya video tersebut, Pengurus Pusat Muhammadiyah mengaku tak menemukan hadis yang menjadi dasar azan semacam itu.

“Saya belum menemukan hadis yang menjadi dasar azan tersebut. Saya juga tidak tahu apa tujuan mengumandangkan azan dengan bacaan ‘hayya alal jihad’,” kata Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu’ti saat dihubungi wartawan, Senin (30/11/2020).

Abdul meminta aparat keamanan menelusuri sejumlah video yang beredar di masyarakat ini. Kementerian Agama juga harus meneliti hal itu.

“Aparatur keamanan dapat melakukan penyelidikan dan memblokir supaya video azan tersebut tidak semakin beredar dan meresahkan masyarakat. Balitbang Kementerian Agama dapat segera meneliti,” ucapnya.

Perlu diketahui, bahwa beredar video berdurasi 47 detik. Di mana di dalam video tersebut tampak satu orang muadzin dan beberapa orang di belakangnya. Sang muadzin mengumandangkan lafadz adzan seperti biasa, namun di tengah-tengah keluar kalimat Hayya ‘Alal Jihad yang diikuti oleh beberapa orang di belakangnya secara serempak.

Sontak video ini menjadi ramai di kalangan publik karena redaksional adzannya yang cenderung aneh dan baru.

Komentar

News Feed