oleh

MAC UI Gelar Nusantara Berkisah Episode ke-3, Dengan Tema “Pahlawan Dalam Kehidupan”

DEPOK, Berkeadilan.com – Episode ke-3 Nusantara Berkisah akan membincangkan tradisi kepahlawanan dalam budaya Nusantara. Hal ini dimaksudkan sebagai upaya mengobarkan jiwa kepahlawanan dan menghidupkan semangat pahlawaan dalam kehidupan. Dalam acara ini akan dibahas konsep kepahlawanan dan berbagai bentuk laku hidup yang memiliki makna kepahlawanan.  Acara ini akan dilaksanakan pada 25 November 2020 pukul 19.00 WIB.

“Selama ini persepsi mengenai pahlawan masih cenderung pada hal-hal yang sifatnya militeristik dan terkait dengan perjuangan dalam pertempuran fisik, seperti perang kemerdekaan. Selain itu, pahlawan juga cenderung diberikan kepada para tokoh dan pimpinan. Padahal banyak laku hidup manusia yang memiliki nilai kepahlawanan, termasuk yang dilakukan oleh orang-orang kecil dan rakyat biasa” demikian jelas Ngatawi Al-Zastrouw, Kepala MAC UI. “Melalui acara Nusantara Berkisah kali ini, kami ingin mengajak berpikir bahwa pahlawan tidak hanya mereka yang berjuang di medan perang, tetapi juga mereka yang bertaruh nyawa menolong dan menyelamatkan sesama di berbagai bidang kehidupan” lanjut Zastrouw.

Hadir sebagai nara sumber yang akan membahas tema ini adaah Brigjen (Pol.) Dr. Victor Pujiaji, SPB, FICS, DFM (Penyluh Anti Narkona BNN) yang akan membahas pengalaman para pahlawan yang berusaha menyelamatkan nyawa dari jerat Narkoba. Narasumber lainnya adalah Sri Agustin Tabara, S.Kep.,  dan Nesvina, S.Kep. Keduanya adalah Relawan Covid-19 UI yang akan berbagi pengalaman menolong sesama dari ancaman wabah Corona.

Para pengisi acara lainnya yang akan tampil di episode ke-3 ini adalah Jhody Yudono, musisi balada dan penggagas musik rumah, Sandiwara Sunda Miss Cicih, sexophonis Michael Abel Firdausi dan kelompok musik religi Ki Ageng Ganjur Yogyakarta yang akan berkolaborasi dengan Sarah Saputri. Acara ini akan dipandu oleh Trie Utami dan Ngatawi Al-Zastrouw.

Acara Nusantara berkisah ini merupakan persembahan Makara Art Center UI bekerjasama dengan dengan Sultan TV, Kulturina,akuindonesia dan Forum Kebangsaan UI serta didukung oleh Badan Narkotika Nasional (BNN). Acara ini akan disiarkan secara langsung oleh Sultana TV dan bisa disaksikan di kanal youtube Makara Art Center UI, FB, twiter dan instragram sultantv.****

Komentar

News Feed