oleh

Tercium Pungli 10%, Kesatuan Aksi Aktivis Indonesia Sambangi Kantor Smesco Indonesia

-Hukum-2.120 views

Berkeadilan.com – Puluhan mahasiswa mengatasnamakan Kesatuan Aksi Aktivis Indonesia menyambangi kantor Semesco Indonesia guna meminta lembaga hukum dalam hal ini BPK dan KPK RI untuk mengaudit keuangan Bendahara Umum Smesco Indonesia Ganjar Kuntoro.

Diketahui Ganjar Kuntoro sebagaimana diduga sebagai aktor utama yang melakukan skandal pungli dengan dalih fee 10% dari setiap vendor saat melakukan proses pencairan dana pekerjaan yang telah selesai dilakukan. Ketentuan pungli sebagaimana diatur dalam dengan ketentuan UU No. 87 Tahun 2016 tentang satuan tugas sapuh bersih pungutan liar.

Koordinator Aksi Muksin Mahu menyatakan proses skandal pungli di setiap vendor yang ada di Smesko Indonesia sudah terjadi berulang kali. Bahkan Ganjar diketahui selain menjadi Bendahara Umum Smesco Indonesia ia diketahui merangkap dua jabatan strategis yakni sebagai salah satu Komisaris di Sarinah.

“kami menemukan issue tak sedap dugaan pungli atau pemotongan fee 10% dari setiap kegiatan yang ada di Smesco Indonesia. Dimana telah terjadi satu tindakan pungli yang diduga aktor utamanya adalah Ganjar Kuntoro selaku Bendahara Umum Smesco Indonesia kepada setiap vendor yang dilakukan. Bahkan ia merangkap jabatan bukan hanya di Smesco bahkan sebagai salah satu Komisaris di sarinah”” Kata Muksin kepada awak media, Jumat, (20/11/2020)

Selain mendesak lembaga hukum untuk melakukan proses hukum, pengunjuk rasa juga meminta Direktur Utama Smesco Indonesia Leonard Theosabrata untuk memberikan penjelasan terbuka kepada public terkait pemberhentian atau pemecatan terhadap Arifin sebagai Direktur Bisnis dan Pemasaran LLP serta pemutusan hubungan kerja sekitar 30 Sales Assistant Smasco Indonesia. Bahkan mereka juga meminta untuk mempekerjakan para expert dengan gaji 19 juta per bulan.

“keterangan terbuka ini penting dilakukan, dan segera pecat Ganjar dan diberikan proses hukum yang pasti dan tegas, karena ini kami mengawal terus permasalahan ini. Kami tidak akan henti-hentinya per 3 hari sekali mendatangi kantor ini dan lembaga hukum terkait” Pungkasnya (SFR)

Komentar

News Feed