oleh

Papua Aman, Segenap Masyarakat dan Pemerintah Menolak HUT OPM 1 Desember

Papua, Berkeadilan.com – Isu perayaan HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM) mulai mengemuka menjelang 1 Desember. Namun segenap masyarakat dan pemerintah diminta untuk menolak perayaan tersebut.

Pemerintah provinsi Papua dan Papua Barat menegaskan tidak diperkenankan ada kegiatan yang bersifat mengganggu kedaulatan Republik Indonesia, menjelang HUT OPM pada 1 Desember mendatang.

Hal ini sebagaimana ditegaskan oleh Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpaw. Ia menyatakan bahwa pihaknya tidak akan mentolelir adanya aktivitas yang berlawanan dengan kepentingan negara.

“Kami akan menindak tegas kalau ada kerumunan massa dalam perayaan HUT 1 Desember yang akan datang, sebab situasinya masih dalam masa pandemi Covid-19,” kata Irjen Pol Paulus, Jumat (20/11/2020)?

Dikatakan Paulus, tidak hanya pemerintah saja, tokoh agama di Papua juga menghimbau agar masyarakat tidak turut dalam merayakan kegiatan yang melawan kedaulatan Republik Indonesia tersebut.

Apalagi kata jenderal Polisi bintang dua itu, bahwa OPM sejatinya bukan pejuang yang ingin meraih kesejahteraan Papua, melainkan lebih kepada separatis yang berkepentingan dengan asing semata.

“OPM sebenarnya bukan berjuang atas nama Papua, melainkan mereka adalah segelintir orang yang dimanfaatkan oleh pihak yang berkepentingan asing dan menuntut Papua berpisah dari NKRI,” terangnya.

Kemudian, Paulus juga menyebut, bahwa rakyat Papua pun menolak keberadaan kelompok separatis ini.

“Rakyat menolak dengan tegas keberadaan kelompok separatis yang sering menyengsarakan masyarakat dan menghambat pembangunan,” tandasnya.

Selain itu juga, Kapolda mengajak kepada segenap masyarakat untuk tetap menjaga Papua agar tetap berada dalam bingkai NKRI.

“NKRI sudah final dan Papua tetap berada di NKRI,” tegas Paulus.

Kapolda Papua mengajak segenap warga di Provinsi Papua menjaga kedamaian dan hidup rukun.

“Oleh karena itulah maka semua komponen masyarakat harus menghormati aturan dan prosedur yang telah di keluarkan oleh pemerintah daerah agar situasi di Papua akan tetap kondusif,” tandasnya.

Kapolda Papua juga mengajak segenap warga di Provinsi Papua menjaga kedamaian dan hidup rukun antar sesama.

“Oleh karena itulah maka semua komponen masyarakat harus menghormati aturan dan prosedur yang telah dikeluarkan oleh pemerintah daerah agar situasi di Papua akan tetap kondusif,” tutupnya.

Komentar

News Feed