oleh

Momen Ulang Tahun ke 102 Yayasan Kanisius, Berikan Yang Terbaik Dalam Pendidikan

Usia 102 bukanlah angka yang sedikit. Banyak hal telah dilalui, bahkan sejak sebelum Indonesia merdeka Yayasan Kanisius telah merintis karya pelayanan pendidikan di bumi pertiwi. Sungguh suatu mukjizat bahwa sampai hari ini Yayasan Kanisius masih tetap eksis dan tetap setia melayani dalam bidang pendidikan di Indonesia. Siswa- siswi sekolah Kanisius berasal dari hampir semua kalangan sosial ekonomi. Sekolah- sekolah Kanisius yang tersebar di hampir semua wilayah Keuskupan Agung Semarang dan kebanyakan berada di wilayah pinggiran.

Saat ini Yayasan Kanisius mendasarkan pelayanan pendidikan pada lima nilai dasar yaitu DISIPLIN, UNGGUL, PEDULI, JUJUR, DAN MERDEKA. Tak dipungkiri masyarakat tetap mempercayakan pendidikan putra putri mereka kepada sekolah Kanisius karena terkenal dengan kedisiplinannya. Dalam situasi pandemi ini sekolah- sekolah Kanisius,khususnya SD Kanisius Girisonta tetap berinovasi dalam pelayanan terhadap para peserta didik meskipun dalam PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh) atau BDR (Belajar dari Rumah). Para guru tetap berusaha upgrade ilmu dan metode pembelajaran agar tetap bisa unggul dalam pelayanan khususnya dalam dunia pendidikan. Peduli adalah salah satu keunggulan dari Kanisius, wujud nyatanya adalah kegiatan home visit. Dengan kegiatan home visit anak dan orang tua lebih tersapa dan sedikit bisa mengurangi kerinduan untuk belajar tatap muka. Demikian halnya dengan para guru, kerinduan akan interaksi secara langsung dengan murid sedikit terobati, dan penyampaian materi pun bisa lebih maksimal. Nilai kejujuran bisa dilihat dari keseharian anak- anak Kanisius, penanaman nilai kejujuran sangat dipegang teguh terlihat saat tes meskipun dikerjakan di rumah anak- anak dan orangtua tetap mengerjakan dengan jujur. Hal ini disharingkan oleh banyak orangtua murid. Merdeka dalam belajar sangat didukung oleh Kanisius.

Dalam perayaan ulang tahun yang ke 102 Yayaasan Kanisius khususnya Cabang Semarang Rayon Selatan, SD Kanisius Girisonta merayakan dalam beberapa rangkaian acara. Dimulai pada tanggal 17 Oktober 2020 Kepala sekolah mengikuti rekoleksi Rayon di Banaran Cafe. Senin tanggal 19 Oktober 2020 rekoleksi bersama TK Santa Anna, SD Kanisius Girisonta, dan SMP Kanisius Girisonta. Pada hari Selasa, 20 Oktober 2020 para guru dan karyawan mengikuti bedah buku Cura Personalis: Home Visit yang ditulis berdasarkan kisah nyata para guru Kanisius saat melakukan home visit dan dikompilasi dan diedit oleh Romo Agustinus Mintara,SJ yang juga adalah Kepala Cabang Semarang. Puncak acara ulang tahun disyukuri dengan perayaan ekaristi secara livestreaming yang diikuti semua guru, karyawan, siswa- siswi dan orangtua murid. Semua bergembira semua bersyukur atas anugerah 102 tahun Yayaasan Kanisius. Semoga Kanisius semakin di hati anak Indonesia. Kanisius horeee.

Komentar

News Feed