oleh

PSHT Mojokerto Siap Bantu Jaga Keamanan Pilkada 2020

Mojokerto, Berkeadilan.com – Menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020, perkumpulan bela diri pencak silat dari Persaudaraan Setia Hati Teratai (PSHT) Cabang Mojokerto, Jawa Timur, menyatakan siap untuk turut serta menjaga situasi tetap aman dan kondusif, khususnya di wilayah Kabupaten Mojokerto yang juga akan menggelar Pilkada tersebut.

Tokoh sekaligus Ketua PSHT Cabang Mojokerto, Hari Soetjipto menuturkan, pihaknya yakin situasi keamanan di wilayah Mojokerto hingga saat ini masih cukup kondusif, sehingga harus dipertahankan.

Meski begitu, Hari meminta agar semua pihak tetap mengantisipasi hal sekecil apapun yang dapat menjadi persoalan keamanan di wilayah Mojokerto. Pasalnya, belajar dari pengalaman Pilkada Mojokerto tahun 2010 lalu yang sempat terjadi kericuhan, ia menegaskan jangan sampai hal itu terulang kembali.

“PSHT berkomitmen untuk turut membantu dan bersinergi dengan aparat untuk kepentingan menjaga agar situasi dimasyarakat bisa tetap aman dan kondusif,” kata Hari Soetjipto, Jumat (18/9/2020).

PSHT Cabang Mojokerto sendiri hingga saat ini sudah memiliki sekitar 8 ribu anggota, sehingga cukup potensial dalam upaya mendukung situasi keamanan dan ketertiban di masyarakat, khususnya pada proses demokrasi memilih pemimpin daerah dalam situasi pandemi COVID-19.

“Apalagi saat ini masih dalam situasi pandemi COVID-19 sehingga butuh sinergi semua pihak guna mendukung upaya pemerintah menyelesaikan persoalan dan dampak pendemi yang kita harapkan cepat terselesaikan,” ujarnya.

Pilkada Kabupaten Mojokerto tahun 2020 sebagaimana diketahui terdapat tiga bakal pasangan calon (paslon) yang telah mendaftar dan siap berkompetisi. Ketiganya yakni pasangan Yoko Priyono-Choirun Nisa (Yoni), Ikfina Fahmawati-Muhammad Al Barra (Ikbar), serta Pungkasiadi-Titik Masudah (Putih).

Pasangan Yoni maju di Pilbup Mojokerto 2020 diusung Partai Golkar dan PPP. Pasangan Putih diusung PDIP, PKB dan PBB. Sedangkan Ikbar diusung Partai Demokrat, Hanura, PKS, NasDem, Gerindra dan PAN.

Pada pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020 Pemerintah, DPR RI dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah bersepakat menetapkan jadwal Pilkada 2020. Pemungutan suara di 270 daerah dilaksanakan pada 9 Desember 2020 mendatang.

Untuk Jawa Timur daerah yang akan menggelar pilkada terdiri atas 16 kabupaten dan tiga kota, masing-masing Kabupaten Pacitan, Ponorogo, Ngawi, Trenggalek, Kediri, Lamongan, Tuban, Gresik, Mojokerto, Malang, Kota Blitar, Sidoarjo, Sumenep, Jember, Situbondo, dan Banyuwangi, kemudian Kota Blitar, Kota Pasuruan, dan Kota Surabaya. [KLD]

Komentar

News Feed