oleh

IKA UII Luncurkan KTA Berlogo Visa, Bisa Jadi Kartu ATM atau E-Money

Berkeadilan.com – Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Keluarga Alumni Universitas Islam Indonesia Yogyakarta (DPP IKA UII) secara resmi meluncurkan Kartu Tanda Anggota (KTA) Co-Brand kerjasama dengan PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. 

KTA IKA UII Co-Brand berlogo visa ini dapat berfungsi sebagai ATM dan E-Money serta bisa digunakan untuk transaksi di luar negeri. 

Wakil Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Hery Gunardi berharap, kerjasama ini dapat mendukung kiprah para alumni UII dalam meningkatkan kualitas hidup berbangsa dan bernegara. Bank Mandiri akan memfasilitasi 107 ribu alumni UII untuk kemudahan transaksi keuangan antara lain menggunakan kartu debit dan e-money. 

Diketahui, kartu debet dan e-Money dapat diisi ulang dengan menggunakan aplikasi Mandiri Online pada smartphone Android maupun IOS yang memiliki fitur near field communication (NFC), maupun e-commerce yang sudah bekerja sama dengan Bank Mandiri, serta melalui mesin ATM, dan Kantor cabang Bank Mandiri. 

“Bisa dipakai di berbagai tempat. Sangat fleksibel. Bisa dipakai di berbagai Mandiri counter. Ini juga ada logo visa. Bisa digunakan di luar negeri berlogo Visa dan Visa plus. Semoga bermanfaat,” ujar Hery saat peluncuran Mandiri Combo Kartu Tanda Anggota Co-Brand kerjasama IKA UII, di Mandiri Club, Jalan Mataram Raya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (9/9/2020) malam.

Hery menyebut, banyak persamaan antara Bank Mandiri dan UII. Sama-sama memiliki banyak follower. UII memiliki 25 ribu mahasiswa aktiv. Alumninya sekitar 107 ribu. Total 130 ribu. Jumlah pegawai Mandiri juga mencapai 80 ribu.

“Juga sama-sama tempat mendidik kader calon pemimpin. Tempat membangun SDM yang handal. UII alumninya super-super. Banyak tokoh hebat, yang keluar dari Universitas ini. Sama dengan alumni Mandiri yang jadi orang juga banyak. Ada Pak Agus Marto, W Santoso, Budi Sadikin, Kartiko dll. Mandirian sudah menyebar di mana-mana. Jadi nggak salah kita berpartner. Menambah potensi nasabah dengan 107 ribu alumni,” ujarnya.

Nampak hadir Ketua Umum DPP IKA UII Syarifuddin, Ari Yusuf Amir sebagai Sekretaris Jenderal DPP IKA UII, dan Prof. Mahfud MD sebagai Dewan Penasihat DPP IKA UII sekaligus Menko Polhukam, serta sejumlah alumni UII lainnya. 

Sementara dari PT. Bank Mandiri (Persero) selain Hery Gunardi, hadir Darmawan Junaidi sebagai Direktur Treasury, International Banking and special management asset, Donsuan Simatupang selaku Direktur Hubungan Kelembagaan, serta dan Riduan selaku Direktur Comercial Banking.

Dalam sambutannya, Ketua Umum DPP IKA UII Syarifuddin berharap, kerjasama dengan lembaga perbankan terbaik di Indonesia ini, akan berbuah positif. “Tidak salah IKA UII bekerjasama dengan Bank Mandiri. Semoga banyak kemudahan dengan kerjasama ini. Banyak memberi manfaat bagi kami dan Bank Mandiri, memberi manfaat kepada alumni, dan menjadi penggerak ekonomi di seluruh Indonesia. Terlebih di tengah pandemi sekarang ini,” kata Syarifuddin.

Syarifuddin yang juga Ketua Mahkamah Agung (MA) RI ini menyatakan, peluncuran KTA IKA UII ini terwujud berkat kerja cepat tim bersama antara DPP IKA UII dan Bank Mandiri. Dalam rangka meningkatkan manfaat KTA IKA UII Co-Brand, saat ini DPP IKA UII merintis kerjasama dengan berbagai jaringan bisnis. Ada ratusan hotel bintang di seluruh Indonesia, dari mulai bintang tiga sampai bintang lima siap bekerjasama dengan memberikan discount khusus hanya dengan menunjukkan kartu IKA UII Co-Brand. Berlanjut dengan berbagai merchant-merchant lain yang siap bekerjasama memberikan berbagai fasilitas menarik. 

Pembuatan KTA IKA UII Co-Brand ini sejalan dengan semakin sentralnya peran alumni UII yang kini jumlahnya sudah mencapai 107.000 dan tersebar di berbagai penjuru nusantara dan luar negeri. Mereka berkiprah di berbagai bidang lintas profesi. Dari mulai para pendekar hukum, bankir, lawyer, hingga berbagai profesi lainnya. Sebuah jejaring yang amat besar. 

“Peluncuran KTA IKA UII Co-Brand ini menjadi bukti bahwa alumni UII semakin terorganisir dan terkonsolidasi secara professional. Sebuah modal besar bagi IKA UII untuk semakin berkiprah dalam kancah nasional dan internasional. Alumni kita ratusan ribu. Kami juga sudah melalukan aksi peduli melawan Covid-19, seperti menyalurkan APD untuk tenaga medis di 65 RS di Indonesia. Juga menyalurkan sembako, bantuan uang tunai ustad dan marbot masjid,” tandasnya.

Penguatan Jaringan Alumni

Wasekjen DPP IKA UII Selly Suwignyo menyatakan, acara peluncuran ini merupakan tindak lanjut perjanjian kerjasama antara DPP IKA UII dan Bank Mandiri yang ditandatangani pada 2 Juli 2020 silam.

“Dengan adanya Program KTA IKA UII sebagai penguatan jaringan net working yang akan menggerakan lini usaha dan karier alumni, yang akan membuka peluang bagi para alumni. Merupakan penguatan keanggotaan Mulai dari Pusat (DPP), DPW dan daerah (DPD). Jaringan IKA UII semakin kuat hingga ke pelosok,” tambahnya.

Sedangkan Ketua Dewan Penasihat IKA UII Prof. Mahfud MD berterimakasih atas kepercayaan Bank Mandiri kepada IKA UII. Bank Mandiri, kata Mahfud, adalah Bank BUMN terbesar dari sisi aset, pinjaman dan deposit. 

“Ini bank kebanggan Indonesia dan kita semua. Ada 100 ribu lebih alumni di Indonesia dan luar negeri. Kerjasama ini kolaborasi dua institusi besar. Kerjasama dan jaringan ini penting, silaturahim sangat diperlukan. Alumni kita juga nggak kaleng-kaleng. Banyak di berbagai posisi di lembaga Perbankan juga. Bank Mandiri bisa mengambil alumni UII untuk ikut berkontribusi bersama Mandiri. Oleh sebab itu, kerjasama dalam bentuk Co-Brand ini, dapat menjadi sinergi yang bagus dan prospektif bagi keduanya, dan bagi negara,” papar Mahfud. []

Komentar

News Feed