oleh

Diduga Monopoli Sertifikasi Halal di Indonesia, Kantor MUI di Demo

-Nasional-6.201 views

Jakarta, berkeadilan.com – Kelompok masa mengatasnamakan Gerakan Muda Muslim Indonesia (GMMI) menggelar aksi demonstrasi di depan kantor Majelis Ulama Indonesia. Kamis, (27/08) pukul, 13.15 WIB siang tadi

Mereka (GMMI), mendesak lembaga  ummat tersebut untuk menghentikan tindakan penyelewengan dan memonopoli perdagangan Sertifikasi Halal di indonesia.

Diketahui sebelumnya, MUI dengan Kementrian Agama RI melakukan upaya perundingan atas masalah sertifikasi Halal.

Pasalnya, MUI sejatinya tidak memiliki kewenangan hukum tetap yang diamanahkan negara atas Sertifikasi Halal tersebut. Menurut Saleh (Ketua GMMI) mengemukakan sertifikasi halal mestinya dilakukan oleh lembaga negara yang sah dan di amanahkan secara konstituent.

“Majelis Ulama Indonesia (MUI) bukanlah lembaga negara yang sah diamanahkan negara untuk mengatasi masalah sertifikasi halal atas produk perdagangan di indonsesia, melainkan dikembalikan ke lembaga negara yang berwenang yakni kementrian Agama RI” ucap Soleh di depan Kantor MUI, Kamis, (27/08/2020).

Lebih jauh dirinya mengatakan bahwa MUI memiliki kedudukan yang sama sebagai organisasi kemasyarakatan dan keummatan sebagaimana organisasi lainnya. Pun ia berharap MUI tidak lagi menjadikan Sertifikasi Halal sebagai ladang bisnis gelap oknum tertentu di lembaga ummat tersebut.

“Kedatangan kami GMMI akan terus mengawal persoalan ini hingga tuntas, kami harap MUI menghentikan monopoli sertifikasi halal untuk kepentingan bisnis tertentu serta menyatakan ke publik (ummat) atas persoalan tersebut.

Komentar

News Feed