oleh

Rapat Kerja Daerah, Bupati Garut Apresiasi Eksistensi IWO Garut untuk Kawal Pembangunan

GARUR, Berkeadilan.com – Guna memperkuat organisasi kewartawanan, Pengurus Daerah (PD) Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Garut, menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) dengan seluruh anggota dan pengurus pada Sabtu (15/8/2020).

Bertempat di D’Balcony Cafe, Kecamatan Tarogong Kidul, Rakerda ini digelar secara sederhana bertepatan dengan Ulang Tahun IWO Ke-8. Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Dewan Pembina IWO Garut, Yudi Nugraha Lasminingrat dan Bupati Garut, Rudy Gunawan.

Ketua PD IWO Garut, Robi Taufik Akbar, mengatakan, Rapat Kerja Daerah (Rakerda) dilaksanakan untuk mengevaluasi kinerja para pengurus serta memperkuat tali silahturahmi, sekaligus membahas agenda program kerja yang salah satunya pengembangan usaha UKM bagi para anggota. “Kami ingin semua pengurus mendapatkan kesejahteraan dan dipandang perlu untuk membuka usaha dalam menopang ekonomi seluruh anggota. Termasuk melakukan penyegaran kepengurusan,” ujarnya, Sabtu (15/8/2020).

Dikatakan Robi, dengan kondisi Pandemi Covid-19, peranan media sangat besar, terutama dalam menginformasikan pemberitaan yang sifatnya edukasi. Yang mana bagaimana agar masyarakat selalu menjaga kesehatan dalam menjalankan protocol kesehatan. “Jurnalis merupakan garda terdepan dalam menginformasikan kejadian-kejadian salah satunya Covid-19,” ucapnya.

Ia juga terus mengingatkan agar seluruh anggota yang tergabung dalam Ikatan Wartawan Online, selalu memperhatikan kaidah-kaidah jurnalis dan mengedepankan product berita yang baik.

Sementara Ketua Dewan Pembina IWO Garut, Yudi Nugraha Lasminingrat (YNL) yang juga menjabat sebagai Ketua Kadin Garut, mengatakan, peran media merupakan salah satu referensi dalam menyikapi berbagai persoalan. Namun kendati demikian dalam pemberitaan harus secara objektif dan melakukan klarifikasi. “Usia IWO, ibaratkan kertas berwarna putih, menulislah dengan penuh warna yang dapat menyejukan pembacanya,” Yudi menambahkan, di era Revolusi 4.0 jurnalis dituntut dengan kecepatan. Yang mana hal tersebut harus dibantu dengan peralatan yang sangat memadai agar bisa mengimbangi era digital.

Secara ekonomi, disaat kondisi Pandemi Covid-19, wartawan atau profesi lainnya kondisinya sedang dilanda krisis ekonomi. Apalagi dengan kondisi saat sedang pandemi Covid-19. “Kita harus tetap semangat, tugas wartawan sangat mulia kendati dalam kondisi sulit ini,” ucapnya.

Sementara Bupati Garut, Rudy Gunawan, mengapresiasi keberadaan Ikatan Wartawan Online (IWO), yang selalu memberitakan dan menjadikan referensi bagi Pemerintah Kabupaten Garut dalam mengambil kebijakan.
“IWO merupakan organisasi baru di Garut, namun kiprahnya sudah sangat luar biasa, terutama memberikan informasi bagi kami. Kita selalu membaca product jurnalis online baik kejadian atau kabar yang ada di pelosok,” katanya.

Ia juga berharap, jurnalis yang ada di Kabupaten Garut, selalu menjalankan tugasnya sesuai dengan kode etik jurnalis dan selalu melakukan klarifikasi jika ada pemberitaan yang miring tentang pemerintahan. “Kita sangat senang dengan banyaknya penulis yang kritis pada Pemkab Garut. Salah satunya Ketua IWO Kabupaten Garut, gayanya menulisnya begitu kritis dalam menyikapi kebijakan Pemkab Garut,” cetusnya singkat. (Red/Hidayat)

Komentar

News Feed