oleh

Bimtek Gugus Tugas Nasional COVID-19 MPN Pemuda Pancasila dengan MPW Dan MPC Pemuda Pancasila Jatim

-Nasional-4.028 views

Jakarta, Berkeadilan.com – Gugus Tugas Ormas Pemuda Pancasila (PP) bersama Indika Foundation kembali mengadakan bimbingan teknis terkait penanganan Covid-19 atau virus corona melalui media virtual bersama Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) dan Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila Jawa Timur.

Dalam acara Bimtek virtual yang dihadiri Sekretaris Wilayah MPW PP Jatim, M. Diah Agus Muslim, dan Pengurus Fungsionaris MPC Pemuda Pancasila Kota Surabaya, Pengurus Fungsionaris MPC Pemuda Pancasila Kabupaten Sidoarjo, Kadiv Media Gugus Tugas Nasional Task Force Covid-19 Pemuda Pancasila Hari Purwanto, dan Kadiv Administrasi dan pelaporan Gugus Tugas Nasional Task Force Covid-19 Pemuda Pancasila Ahmad Fauzi LCP, menyampaikan sejumlah materi bimtek.

“Kami sampaikan kepada para peserta bimtek soal cara penanganan Covid-19, dan mengingatkan bahwa Pemuda Pancasila harus ikut berpartisipasi dalam penanggulangan Covid-19,” ujar Hari Purwanto , Minggu (5/07/2020).

Menurutnya, Gugus Tugas Covid-19 Ormas Pemuda Pancasila sudah berjalan sejak bulan maret lalu melalui surat instruksi Ketua Umum Pemuda Pancasila untuk tanggap bencana terhadap Covid-19.

“Amanah Ketua Umum ditengah kondisi Covid-19 kita harus bantu masyarakat, jaga kondusifitas, jaga nama baik organisasi dan koordinasi dengan aparat,” tambahnya.

Hari Purwanto, berharap program yang ada di wilayah Jawa Timur mendapat kebaikan dan keberkahan bagi Pemuda Pancasila untuk makin mendekatkan diri dengan masyarakat. Ini momentum bagi kita untuk meningkatkan kepekaan sosial yang tinggi.

Hari menambahkan, para relawan akan dilengkapi dengan standar operasional prosedur, dilengkapi baju Alat Pelindung Diri (APD), masker kain, mesin hand sanitizer dan sejumlah protokol kesehatan lainnya.

Mengenai distribusi sembako dari gugus tugas ke pelaksana lapangan dan untuk pendataan calon penerima, agar dapat bekerjasama dengan RT atau RW, serta berkoordinasi dengan aparat setempat baik kelurahan, kecamatan, maupun keamanan setempat.

“Terkait pembagian sembako diprioritaskan untuk kaum dhuafa yang tidak memiliki pekerjaan tetap atau para pekerja harian yang terdampak pandemi Covid-19,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kadiv Administrasi dan Pelaporan Gugus Tugas Nasional Task Force Covid-19 Pemuda Pancasila, Ahmad Fauzi LCP, menyampaikan dalam program gugus tugas ini akan mendapatkan bantuan paket sembako, sosialisasi hidup sehat dengan pemasangan stiker hidup sehat di rumah warga.

Selain itu, kata Ahmad, ada pula penyemprotan disinfektan individual di tempat ibadah seperti masjid dan gereja, pasar, permukiman warga, serta penyemprotan disinfektan di jalan umum, kampung maupun desa, untuk itu para relawan perlu diberikan bimbingan teknis sesuai dengan protokol kesehatan.

“Pemuda Pancasila adalah Ormas percontohan paling aktif melakukan kegiatan kemanusiaan dilandasi kepekaan sosial kemasyarakatan,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris MPW Pemuda Pancasila Jawa Timur, M. Diah Agus Muslim, menyambut baik kegiatan tersebut berharap agar gerakan ini dapat menyatukan antara antara Pemuda Pancasila, masyarakat dan pemerintah.

Agus Muslim, juga menghimbau kepada seluruh fungsionaris MPC PP se Jatim, khususnya MPC PP Kota Surabaya, dan MPC Kabupaten Sidoarjo untuk ikut memberikan bantuan serta meringankan beban masyarakat yang semakin memprihatinkan.

“Wabah Covid-19 hampir merata di seluruh Jatim. Memang ada beberapa daerah masih dalam zona kuning ada juga yang masuk zona merah, tapi secara keseluruhan di Jatim sudah ada masyarakatnya yang dinyatakan ODP, PDP, positif bahkan ada yang meninggal karena Covid-19,” ujar Agus Muslim.

Lanjut Agus Muslim saat ditemui wartawan usai Bimtek virtul yang diadakan oleh Gugus Tugas Nasional Task Force Covid-19 Pemuda Pancasila, menjelaskan, bahwa amanah ketua MPW Pemuda Pancasila AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menginstruksikan kepada seluruh pengurus, fungsionaris dan kader Pemuda Pancasila Jawa Timur, wajib hukumnya bagi kader Pemuda Pancasila di manapun berada untuk ikut membantu pemerintah dalam mengatasi pandemik wabah ini.

“Alhamdulilah Ketua MPW Pemuda Pancasila Jawa Timur, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti aktif memberikan sumbangan dan belum lama ini Ketua MPW PP Jatim menyalurkan sumbangan sebanyak 250 unit alat semprot yang diharapkan dapat membantu masyarakat dalam melakukan disinfeksifikasi fasilitas umum,” pungkasnya.

Bimtek virtual ini juga dihadiri kadie relawan Benny Widjaya, Anggota Pendistribusian Logistik Sugeng Santoso, dan Anggota Pendistribusian Logistik Wahyu Budiono. (*)

Komentar

News Feed