oleh

Masuk Era New Normal, Pemuda Harus Kritis Mengawal Suara Rakyat

JAKARTA – Formatur PB HMI-MPO Ahmad Latupono menyatakan HMI MPO siap menjadi garda terdepan mengawal suara dan hak-hak rakyat khususnya dalam hal kesejahteraan di tengah pandemi covid-19.

“Perlu saya tegaskan HMI MPO tidak akan diam apabila pemerintah pusat sampai daerah membuat gaduh masyarakat. Kita akan perjuangkan hak-hak rakyat ditengah pandemi covid-19,” tegas Ahmad Latupono.

Hal itu dia sampaikannya dalam Diskusi Online “Peran Pemuda di Era New Normal Pasca Covid 19”, hari ini.

Menurut dia, pemuda akan tetap mendorong sinergitas antara Pemerintah Pusat dengan Pemerintah Daerah untuk mengatasi dampak dari pandemi covid-19 ini. Mereka harus kerja sama dalam merespons isu-isu yang terjadi di ruang publik.

“Gejolak yang muncul harus direspon secara cepat agar tidak terjadi konflik di masyarakat. Pemuda harus mengawal kebijakan pemerintahan Pusat dengan pemerintahan Daerah agar tetap sinkron,” sambung Ahmad Latupono.

Dalam kesempatan yang sama, Pengamat Politik IPI Karyono Wibowo mengingatkan peran mahasiswa tetap harus menjalankan fungsinya sebagai agen of change kritis dalam pengawalan atas kebijakan pemerintah demi menyelamatkan hak-hak rakyat.

“Mahasiswa dan pemuda harus tetap kritis untuk merespons kebijakan pemerintah, apakah berpihak dengan rakyat bawah atau tidak,” jelas Karyono.

Turut hadir narasumber lainnya, Aktivis Alumni HMI M Ilham Setiawan, Praktisi Hukum Adhel Setiawan, dan Ketua Umum PP JMP3N Fandy Ahmad.

Komentar

News Feed