oleh

Temani Siswa Belajar di Tengah Pandemi, Kota Tangerang Sediakan Buku Digital

TANGERANG, Berkeadilan.com – Kebijakan Pemerintah Kota Tangerang yang memberlakukan siswa belajar di rumah dalam situasi pandemi saat ini, tak membuat Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Tangerang bergalau ria. Pasalnya, dalam situasi physical distancing ini, para pelajar Kota Tangerang tetap bisa membaca buku-buku di perpustakaan digital lewat aplikasi ITangerang Kota.

Kepala DPAD Kota Tangerang Sayuti, menuturkan, aplikasi ITangerang Kota merupakan perpustakaan digita yang bisa didownload google playstore secara gratis. Pelajar Kota Tangerang akan menemukan 1.766 buah jenis buku. Mulai dari buku umum, ilmiah, sosia, hiburan, dan lainnya.

“Hanya dengan registrasi melalui akun facebook atau email, pelajar Kota Tangerang bisa menikmati ribuan buku pilihan atau kesukaannya. Tanpa keluar rumah, tanpa keluar duit untuk beli buku, atau tanpa keluar ongkos untuk ke perpustakaan umum,” ungkap Sayuti, Rabu (29/4/20).

Sayuti menambahkan, buku-buku koleksi ITangerang Kota ini cukup lengkap mulai dari kategori pelajar SD, SMP, SMA dan masyarakat umum. Semua bisa dibaca secara online.

“Saat pandemi, baca buku digital salah satu pilihan tepat. Dibanding kita harus nonton tv atau sosial media yang banyak membahas Covid dan membuat kita jadi was-was,” tegasnya.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan, keberadaan e-book atau perpustakaan digital adalah bagian dari kemajuan teknologi informasi yang harus diikuti oleh semua pelayanan. Keberadaan aplikasi ITangerang Kota diharapkan dapat dimanfaatkan secara maskimal oleh masyarakat dan pelajar di tengah pandemi.

Dengan adanya layanan tersebut maka masyarakat bisa lebih dimanjakan untuk mendapatkan bacaan yang terus dilengkapi oleh Pemerintah Kota Tangerang. “Intinya kita ingin masyarakat mudah dalam mendapatkan bacaan dari berbagai jenis,” ujar Arief. []

Komentar

News Feed