oleh

PBNU Sebut 1 Ramadhan 1441 H Jatuh 24 April 2020

-Headline, Nasional-20.140 views

Berkeadilan.com – Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengklaim telah melakukan rukyatul hilal untuk melihat kepastian bulan Ramadhan dimulai.

Dan berdasarkan hasil pemantauan bulan, PBNU mengklaim jika para petugasnya mengkonfirmasi bahwa mereka telah melihat hilal.

“Tim Rukyatul Hilal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama / Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahlatul Ulama pada hari Kamis, tanggal 23 April 2020 telah melakukan rukyatul-hilal bil fil di beberapa lokasi rukyat yang telah ditentukan dan telah berhasil melihat Hilal,” kata Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj dalam siaran persnya, Kamis (23/4/2020).

Atas dasar itu dan rujukan para ulama madzhab empat, maka PBNU menyatakan bahwa 1 Ramadhan 1441 H dimulai pada hari Jumat (24/4) besok.

“Awal bulan Ramadlan 1441 H jatuh pada hari Jum’at tanggal 24 April 2020,” tegasnya.

Oleh karena itu, PBNU menyerukan kepada para warga Nahdliyyin untuk berpuasa Ramadhan tahun ini mulai besok.

“Kepada warga Nahdlatul Ulama dan umat Islam pada umumnya kami sampaikan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadlan 1441 H dengan penuh keimanan, keyakinan,” serunya.

Disampaikan Kiai Said Aqil, bahwa Ramadhan harus dijadikan pula momentum untuk melakukan pembersihan diri dengan berbagai upaya meningkatkan ketaqwaan kepda Tuhan.

“Menjadikan bulan Ramadhan sebagai momentum kerohanian untuk mensucikan diri dengan meningkatkan ketaqwaan dan memperbanyak bacaan Al-Qur’an, dzikir, beribadah dengan penuh kekhusyukan, dan berbagai aktivitas sosial yang bermanfaat,” tuturnya.

“Semoga ibadah puasa kita diterima oleh Allah SWT. Amin,” tutup Ketum PBNU.

Komentar

News Feed