oleh

KSBSI Peringatkan Pengusaha Tak Manfaatkan Covid-19 Tak Bayarkan Upah

-Nasional-33.549 views

Jakarta, Berkeadilan.com – Ketua Umum Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI), Elly Rosita Silaban memperingatkan kepada pengusaha agar tidak mengabaikan upah buruh di tengah pandemi Covid-19.

Apalagi banyak buruh terpaksa tidak bekerja karena terkena dampak dari karantina wilayah.

“Informasi sudah kami dapatkan. Pengusaha akan banyak tidak membayar gaji buruh dengan menggunakan prinsip no work no pay,” kata Elly kepada wartawan, Rabu (1/4/2020).

Ia menilai seharusnya pemerintah pun turun tangan untuk memberikan perlindungan kepada kaum buruh di tengah wabah itu.

“Pemerintah dan pengusaha lindungi upah buruh, jangan korbankan dengan alasan no work no pay,” imbuhnya.

Apalagi kondisi seperti ini pun bukan yang diharapkan buruh. Pun bukan tidak menjadi bagian dari ketentuan Undang-undang sehingga mereka tidak dibayarkan upahnya.

“Berdasarkan asas ini, pekerja yang tidak bekerja bukan karena alasan yang ditetapkan dalam UU maupun PKB, diinterpretasi secara keliru untuk melepaskan kewajiban membayar upah,” jelasnya.

Sayangnya ia menyebut berdasarkan informasi yang dihimpun dari beberapa serikat pekerja, ada upaya pengusaha atau pemberi kerja memanfaatkan situasi ini untuk tidak membayarkan upah pekerjanya karena terpaksa tidak bekerja.

“Kami sudah mencium gelagat busuk itu. Pengusaha menafsirkan UU untuk memenuhi kepentingannya yang secara substansi merugikan buruh,” tandasnya.

Oleh karena itu, Elly Rosita Silaban meminta kepada pemerintah untuk terus melakukan pengawasan secara masif agar tindakan semacam itu tidak dilancarkan oleh pengusaha dan justru membuat buruh terabaikan haknya.

“Kami meminta pengawasan dari pemerintah. Jangan sampai tindakan itu dilakukan secara meluas. Dan kami mengingatkan pemerintah agar tidak mengajari pengusaha untuk melakukan pemotongan upah,” tutupnya. []

Komentar

News Feed