oleh

Diaz Handropriyono Ingatkan Jangan Sembarang Bagikan Masker ke Masyarakat

Berkeadilan.com – Ketua Umum DPN Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Diaz Hendropriyono mengingatkan kepada siapapun yang merasa peduli dan ingin membagikan masker kepada masyarakat agar meninjau ulang niat baiknya itu.

Salah satu alasannya adalah, berdasarkan standar kesehatan dari world health organization (WHO) bahwa hanya orang sakit dan orang-orang yang menangani pasien saja yang boleh menggunakan masker. Sementara masyarakat biasa yang sehat sebetulnya tidak perlu menggunakan masker.

“Menurut rujukan dari WHO, hanya orang yang sakit yang perlu menggunakan masker, orang yang sehat tidak perlu menggunakan masker,” kata Diaz, Minggu (22/3/2020).

Jika memang harus membagikannya kepada masyarakat, sebaiknya publik juga dibekali pula tentang tata cara penggunaan masker tersebut.

“Kita harus pastikan bahwa masyarakat yg menerima mengerti cara menggunakan dan membuang masker dengan baik, silahkan lihat guidance dari WHO,” tuturnya.

Karena jika rujukan WHO tidak dijalankan, ia khawatir justru risiko penularan Covid-19 tetap terjadi sekalipun seseorang menggunakan masker.

“Jika tidak dijalani dengan benar, maka akan ada resiko penyebaran virus yang lebih tinggi. Pendistribusian tanpa edukasi hanya sia-sia,” imbuhnya.

Selain itu, Diaz juga menilai pembagian masker dan alat kesehatan secara sembarangan dan massa seperti yang saat ini tengah dilakukan beberapa kalangan justru bertentangan dengan imbauan Presiden Joko Widodo, yakni agar masyarakat melakukan social distancing.

Social distancing adalah upaya pemerintah untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 kepada masyarakat. Namun jika itu tidak dijalankan oleh masyarakat maka upaya pemerintah pun sia-sia. Sementara pembagian masker secara massal itu justru membuat interaksi sosial tetap jalan dan dikhawatirkan wabah akan semakin luas.

“Pendistribusian masker kepada masyarakat yang sering disertai perkumpulan massa dapat beresiko melipat gandakan penyebaran virus karena pasti akan ada kontak antara pemberi dan penerima. Selain itu, hal ini tidak sesuai dengan arahan presiden untuk melakukan social distancing,” pungkasnya.

Hanya saja ketika memang harus sekali membagikan masker, Diaz menyarankannya agar mendistribusikan kepada tim medis saja.

“Jika masih kekeuh membagikan masker, bisa diberikan kepada tenaga medis yang menangani orang sakit,” ujarnya.

Membantu menangani masalah Covid-19 ini menurut Diaz mudah sekali. Yakni dengan masyarakat patuh pada arahan dan instruksi dari Presiden Joko Widodo dengan melakukan social distancing dan menerapkan pola hidup sehat sesuai dengan protokol kesehatan resmi.

“Dan jika kalian ingin membantu membatasi penyebaran Covid-19, gampang kok sebenarnya. Lakukan #socialdistancing dan tetap tinggal di rumah. Ikuti guidance dari WHO jika ingin membantu orang lain, dan ikuti arahan Presiden,” tutupnya.

Komentar

News Feed