oleh

Bendum BPP HIPMI Hilda Kusumadewi Himbau Masyarakat Jaga Hidup Sehat Agar Tubuh Kuat Lawan Virus COVID-19

Berkeadilan.com – Jumlah penderita Virus corona covid-19 terus meningkat, sejak WHO menetapkannya sebagai pandemi, penyebarannya semakin masif, termasuk ke Indonesia.

Presiden Joko Widodo telah mengimbau agar masyarakat untuk melakukan segala aktivitas di dalam rumah dan menghindari keramaian. “Sekarang saatnya, bekerja dari rumah, belajar dari rumah, beribadah di rumah,” ujar Jokowi.

Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaja Muda Indonesia (BPP Hipmi) pun telah mengeluarkan instruksi yang ditandatangani oleh ketua umum Mardani H Maming dan Sekjen Bagas Adhadirgha kepada semua anggota mulai dari tingkatan Badan Pengurus Pusat (BPP), BPD Hingga ke BPC untuk libur sementara aktivita kegiatan organisasi dan mengerjakan rutinitas usaha dari rumah. “Ini bentuk kepedulian Hipmi atas himbauan pemerintah”. Ujar Hilda dikediamnnya, Kamis, (29/03/2020)

Lanjut Hilda, gaya hidup sehat tentu perlu diterapkan untuk menangkap virus corona covid-19 ini. Pasalnya, menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) seperti rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir serta menerapkan etika batuk yang benar jadi upaya terbaik menghindari papaaran Virus Corona.

“Selain menjaga kebersihan tubuh, imunitas tubuh yang baik juga dapat mengusir virus corona dari tubuh kita” paparnya

Tips Hilda Kusumadewi bagi anggota Hipmi agar lebih kuat hadapi virus corona :

1. Perbanyak makan sayur dan buah

Sayur atau buah bisa apa saja, sesuai dengan selera. Buah banyak mengandung vitamin, sedangan sayur banyak mengandung serat dan menieral yang dibutuhkan tubuh kita. Menurut penelitian orang yang lebih banyak makan buah tidak mudah sakit.

2. Cukup istirahat

Tidur nyenyak di malam hari
Kurang tidur dapat menurunkan imunitas tubuh. Sehingga semua manusia membutuhkan kualitas dan kuantitas tidur yang cukup. Saya berharap sahabat-sahabat saya di Hipmi untuk pergunakan jam istirahat yang cukup.

3. Hindari stres dan kelola stres

Stres yang tidak terkendali bisa meningkatkan produksi hormon kortisol. Kondisi ekonomi yang terkena dampak dari virus corona bisa menyebabkan stre bagi pengusaha. Saat ini kita berharap pemerintah mempercepat stimulan agar tidak menghambat produktivitas usaha kita.

Dalam jangka panjang, peningkatan hormon kortisol dapat menurunkan fungsi kekebalan tubuh. Kondisi ini akan membuat kita mudah terserang penyakit, atau terjangkit virus.

4. Selain olahraga yang teratur tubuh kita sangat perlu sinar matahari.

Waktu terbaik jemur badan di bawah sinar matahari pagi hari rupanya di atas pukul 09.00. Pada pukul tersebut, sinar ultaviolet B (UVB) dari matahari terbentuk sempurna, yang sangat bermanfaat bagi tubuh sangat tepat bagi kesehatan. Olahraga sangat berguna bagi tubuh kita.

5. Hindari rokok dan alkohol

Ini hal yang penting bagi sahabat-sahabat saya pencinta rokok dan alkohol. Paparan asap rokok dapat merusak sistem kekebalan tubuh. Begitu juga dengan alkohol. Perokok memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami infeksi paru, seperti bronkhitis dan pneumonia, yang memang menjadi media yang diserang virus corona covid-19.

Komentar

News Feed