oleh

Anggota DPRA, Hendri Yono Minta Pemerintah Sterilkan Zona Publik

-Kesehatan-4.823 views

Berkeadilan.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Hendri Yono berharap besar agar pencegahan wabah virus Corona (Covid-19) dilakukan dengan lebih serius. Salah satunya adalah dengan sterilisasi tempat-tempat publik atau keramaian.

Menurut Hendri, tempat keramaian adalah salah satu tempat yang paling cepat penyebaran wabah tersebut. Sehingga dengan disterilnya tempat publik maka masyarakat akan merasa aman dan nyaman. Begitu juga dengan kegiatan-kegiatan yang melibatkan orang banyak agar dapat ditunda terlebih dahulu.

“Dalam upaya pencegahan, tempat-tempat publik mesti disterilkan, dan usahakan untuk mengundurkan kegiatan-kegiatan yang melibatkan pertemuan massa ke waktu akan datang yang lebih kondusif,” kata Hendri kepada wartawan, Selasa (17/3/2020).

Hendri menjelaskan, dalam usaha kesiapsiagaan, Pemerintah dan stakeholder terkait diharap dapat melakukan usaha-usaha pembangunan awareness (kesadaran) tentang virus corona, agar masyarakat tidak terpengaruh oleh informasi tidak benar.

“Yang harus kita tingkatkan kesadaran bagi masyarakat dalam kesiapsiagaannya, seperti perilaku hidup sehat, menjaga lingkungan serta lainnya, juga informasi yang akurat dan benar, agar masyarakat tidak terpapar dengan informasi-informasi yang menimbulkan ketakutan yang berlebihan,” ujarnya.

Ketua PKPI Aceh ini juga meminta pemerintah untuk serius dan memprioritaskan hal penanganan wabah virus corona, yakni dengan mengambil langkah serta kebijakan secara cepat dan masif dengan mengkoordinasikan kepada seluruh perangkat pemerintah di daerah-daerah seperti Gubernur dan Bupati/Wali Kota.

“Dalam penanganan ini kita tidak bisa sendirian, melainkan harus besinergi seluruh Kabupaten dan Kota di Aceh,” ucapnya.

Selain itu, kata Hendri yang juga anggota DPRA dari Dapil 9 ini juga mengatakan, bahwa pemerintah juga mesti siap dalam sarana dan fasilitas kesehatan, agar dalam penanganannya Aceh tidak tergantung kepada daerah-daerah lain.

“Apalagi wabah ini dalam status darurat, jadi setiap daerah mesti siap fasilitas kesehatannya,” jelasnya.

Hendri juga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak berpergian ke luar daerah atau ke luar negeri.

“Terlebih lagi ke tempat-tempat yang sudah diketahui ada wabah corona,” pungkas Hendri Yono. [RED]

Komentar

News Feed