oleh

Instruksi Lengkap Presiden ke Kepala Daerah Sikapi Wabah Corona

-Headline, Nasional-11.395 views

Berkeadilan.com – Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa tingkat kasus penyebaran virus corona (Covid-19) di masing-masing daerah memiliki perbedaan. Hal ini lantaran dilihat dari geografis yang terdiri dari berbagai pulau.

‘Sebagai negara kepulauan besar, tingkat penyebaran Covid-19 di Indonesia ini bervariasi antardaerah,” kata Presiden, Minggu (15/3/2020).

Melihat aspek itu, orang nomor satu di Republik Indonesia ini pun meminta kepada seluruh kepala daerah untuk berkonsultasi dengan para pakar medis dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk menentukan sikap tanggap daruratnya, termasuk menentukan status daerahnya apakah darurat Covid-19 atau tidak.

“Karena itu, saya minta seluruh kepala daerah berkonsultasi dengan pakar medis dan BNPB untuk menentukan status daerahnya siaga darurat ataukah tanggap darurat bencana non-alam,” seru Presiden.

Kemudian untuk mengurangi potensi penyebarannya, Presiden juga meminta kepada seluruh kepala daerah untuk membuat kebijakan yang tepat sesuai dengan kondisi terkini daerah yang mereka pimpin, salah satunya untuk membatasi akses interaksi publik sementara waktu.

“Para kepala daerah juga saya minta membuat kebijakan sesuai kondisi daerahnya menyangkut proses belajar dari rumah bagi pelajar atau mahasiswa, kebijakan tentang sebagian ASN bekerja di rumah dengan tetap melayani masyarakat, dan menunda kegiatan yang melibatkan banyak orang,” tuturnya.

Selanjutnya, Presiden Joko Widodo juga menyerukan kepada seluruh kepala daerah untuk memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat dalam upaya penanggulangan wabah Covid-19.

“Selain itu, setiap daerah agar meningkatkan pelayanan pengetesan infeksi Covid-19 dan pengobatan secara maksimal, memanfaatkan kemampuan Rumah Sakit Daerah, bekerja sama dengan Rumah Sakit Swasta, serta lembaga riset dan pendidikan tinggi,” tambah Presiden.

Terakhir, Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan itu mengataka bahwa ia sudah mengupayakan penggaran untuk mengatasi wabah virus yang menyerang sistem pernafasan asal negeri Tirai Bambu, China itu.

“Saya sudah memerintahkan untuk memberikan dukungan anggaran untuk digunakan secara efektif dan efisien, cepat, dan memiliki landasan hukum agar pihak yang relevan dapat menggunakannya,” tutupnya.

Komentar

News Feed