oleh

Anies Baswedan : Kurangi Jabat Tangan!

-Megapolitan-11.183 views

Berkeadilan.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menginstruksikan kepada seluruh jajarannya agar mengurangi kontak langsung di lingkungan Pemprov DKI Jakarta.

Hal ini bertujuan untuk mencegah penularan virus Covid-19 alias Corona yang saat ini sudah mewabah di Indonesia.

Anies menjelaskan, mengurangi kontak langsung di lingkungan pemprov termasuk mengurangi berjabat tangan satu sama lain.

“Seluruh jajaran pemprov tadi diinstruksikan seluruh jajaran pemprov juga untuk mengurangi kegiatan jabat tangan dan kontak fisik langsung,” ujar Anies dalam konferensi Pers di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Rabu (11/3/2020).

Dikatakan Anies, hal ini perlu dilakukan demi mengurangi resiko penularan virus Corona.

“Tapi tidak mengurangi rasa hormat satu sama lain. Mari kita biasakan mulai hari ini untuk membatasai kontak langsung. Karena kontak langsung punya potensi penularan yang cukup besar,” ujar Anies.

Perlu diketahui, bahwa saat ini WNI yang terkena virus Corona berjumlah 27 orang. Juru bicara pemerintah untuk penanganan corona, dr Achmad Yurianto mengatakan, pada hari Selasa (10/3) total virus corona di Indonesia berjumlah 27 kasus.

Beberapa kasus disebut sebagai imported case, lainnya tertular dari kasus sebelumnya dan ada pasien local transmission. Istilah teknis mengenai virus corona memang kerap kali membingungkan terlebih kasus 27 dikatakan oleh Yuri sebagai local transmission atau penularan lokal yang hingga kini belum diketahui sumber penularannya.

“Nomor kode 27 laki-laki 33 tahun WNI kondisi stabil. Kami menduga ini local transmission yang sedang kami tracking dari mana sumbernya karena bukan impor dan tidak jelas bagian dari kluster lain,” kata Yuri di Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (10/3).

Komentar

News Feed