oleh

Tingkatkan Kinerja Pendidikan, Pemkot Tangerang Luncurkan Aplikasi E-Absensi

TANGERANG, Berkeadilan.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Pendidikan meresmikan E-Absensi atau absen online pada aplikasi Portal Guru untuk para guru tingkat sekolah dasar dan sekolah menengah pertama se-Kota Tangerang. Peresmian turut dihadiri Wali dan Wakil Wali Kota Tangerang, Ketua DPRD Kota Tangerang, seluruh jajaran pemerintah hingga seluruh stakeholder pendidikan Kota Tangerang.

Dalam peresmiannya, Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah, mengapresiasi hasil kolaborasi Dinas Pendidikan dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Tangerang yang mampu menghadirkan inovasi demi efektivitas absensi. Di mana guru dapat mendata kehadiran siswa melalui telepon pintarnya.

“Ini merupakan salah satu program pendidikan di Kota Tangerang yang melibatkan peran serta guru, murid dan orang tua,” ujarnya usai peresmian di SMPN 32 Kota Tangerang, (10/03).

Libatkan Peran Orangtua, Guru, dan Siswa

Arief menjelaskan, E-Absensi merupakan bagian dari program pendidikan Kota Tangerang yang melibatkan peran orang tua, guru, dan anak siswa. Menurut Arief, E-Absen diperuntukan bagi siswa sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) negeri maupun swasta se-Kota Tangerang.

Selama ini para orang tua atau wali murid hanya dapat melihat pelaporan absensi peserta didiknya ketika menerima pembagian rapor. Namun dengan adanya E-Absen, kini absensi para siswa SD dan SMP bisa dipantau orang tua setiap hari.

“Absensi siswa tak lagi diterapkan secara konvensional menggunakan absen buku, tetapi secara digital. Sehingga orang tua yang sibuk bisa tetap memantau absensi anaknya di sekolah setiap hari melalui aplikasi Tangerang Live,” katanya.

Kehadiran E-Absensi terintegrasi dengan fitur E-Absen pada Apliksasi Tangerang LIVE, yang dapat diakses oleh seluruh wali murid. Kapan pun dan di mana pun, para orang tua dapat memastikan kehadiran putra-putrinya di sekolah.

Selanjutnya, menurut Kepala Dinas Pendidikan Kota TangerangMasyati, ke depannya akan ada aplikasi-aplikasi pendukung demi keterbukaan informasi pendidikan di Kota Tangerang.

“Sekarang para orang tua yang sibuk bekerja dapat memantau aktivitas sekolah anak-anaknya melalui aplikasi Tangerang LIVE, jadi tidak perlu khawatir lagi. Ke depannya, kami juga berupaya mengembangkan aplikasi pendidikan lainnya. Salah satunya aplikasi penerimaan siswa baru sekolah dasar. Mohon doanya,” katanya. []

Komentar

News Feed