oleh

Bentuk Kampung Kreatif, Pemkot Libatkan Pemuda

TANGERANG, Berkeadilan.com – Wujudkan Kampung Kreatif Pemuda, Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tangerang menyelenggarakan Pembinaan Kampung Kreatif Pemuda gelombang kedua.

Kegiatan yang berlangsung selama satu hari tersebut diikuti oleh ratusan pemuda yang terhimpun dari dua kecamatan diantaranya kecamatan Benda dan Tangerang.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah yang membuka kegiatan tersebut mengungkapkan, melalui program kampung pemuda kreatif yang diusung Pemkot Tangerang, diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat terutama pemuda di Kota Tangerang.

“Potensi yang dimiliki dari tiap pemuda dan wilayah harus bisa dikembangkan,” terang Arief yang hadir didampingi Kepala Dispora Kota Tangerang Engkos Zarkasyi dan sejumlah narasumber dalam acara yang berlangsung di ruang AL Amanah, Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, pada Minggu (8/3).

Untuk itu, lanjut Arief, Pemkot berupaya mengakomodir ide dan konsep yang ditawarkan oleh para pemuda dalam membangun dan mengembangkan potensi yang dimiliki setiap wilayah tempat tinggal para pemuda di Kota Tangerang melalui program Kampung Kreatif Pemuda.

“Manfaatkan gadget yang dimiliki untuk menggali informasi dan potensi dan membaca setiap peluang yang ada. Terlebih sekarang kita sudah memasuki era revolusi industri 4.0,” pesan Wali Kota.

Senada dengan Wali Kota, Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin yang menutup kegiatan tersebut mengharapkan para pemuda dapat berperan aktif dalam pembangunan kota melalui gagasan – gagasan yang dituangkan dalam program Kampung Kreatif Pemuda.

“Semoga apa yang digagas oleh para pemuda yang hadir bisa memberikan efek positif bagi masyarakat luas,” pungkas Wakil.

Bentuk Kampung Tematik

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tangerang Engkos Zarkasyh mengatakan, pembinaan  pemuda  kreatif bertujuan merangsang kreativitas pemuda untuk peduli terhadap lingkungannya hingga melahirkan kampung kreatif.

“Melalui pembinaan kreatif pemuda ini diharapakan akan lahir para pemuda yang siap berkontribusi membangun daerahnya masing-masing  sebagaimana yang tertuang dalam program RPJMD Kota Tangerang,” ujar Engkos Zarkasyh.

Guna  menstimulus  cara berpikir pemuda untuk perduli terhadap lingkungannya, Dispora Kota Tangerang  menghadirkan beberapa narasumber berkompeten di bidangnya.

“Adanya Bang Ibnu Jandi, Asep Feri Bastian, Abu Sopyan, dan Anisudin sebagai narasumber dipembinaan pemuda ini diharapakan bisa membuka jendela berfikir para pemuda untuk berkreatifitas melahirkan kampung tematik di wilayahnya,” harapnya.

Kepala Bidang Dispora Kota Tangerang, Deni Kuncoro mengungkapkan kehadiran  ratusan pemuda se- Kecamatan Karawaci sebagai bentuk awal pembinaan kampung kreatif pemuda.

“Dimulai dari kecamatan Karawaci selanjutnya kita lakukan pembinaan di kecamatan lainnya,” ujar Deni.

Sekadar diketahui, pembinaan Kampung Kreatif Pemuda yang dihelat Dispora Kota Tangerang dihadiri 381 Peserta perwakilan pemuda yang tersebar di 127 RW di Kecamatan Karawaci. []

Komentar

News Feed