oleh

Sehat dari Corona, 69 WNI ABK Diamond Princess Dipulangkan

-Kesehatan-7.632 views

Berkeadilan.com – Pemerintah Indonesia tengah mengupayakan agar bisa mengevakuasi para Warga Negara Indonesia (WNI) yang merupakan ABK Diamond Princess yang sebelumnya dikabarkan terjangkit virus Corona.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy.

“Saya atas nama pemerintah akan menyampaiakan rencana evakuasi WNI ABK Diamond Princess akan dievakuasi dari Bandara Yokohama Jepang menuju Bandara Kertajati,” kata Muhadjir dalam konferensi persnya di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Minggu (1/3/2020).

Kegiatan konferensi pers tersebut juga dihadiri oleh beberapa Menteri yakni Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Munardo, Panglima Kodam III Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Rudy Sufahriadi dan Executive General Manager Angkasa Pura II Ibut Astono.

Dalam keterangannya pula, Muhadjir Effendy mengatakan bahwa saat ini para WNI tersebut sudah dinyatakan sehat oleh pemerintah Jepang, sehingga mereka dapat dievakuasi ke Indonesia.

“WNI ABK Diamond Princes ini sebelum dievakuasi sudah mendapatkan status sehat dari pemerintahan Jepang, karena apabila tidak dinyatakan sehat maka tidak akan bisa dievakuasi ke Indonesia,” terangnya.

Walaupun demikian, Muhadjir mengatakan bahwa mereka akan tetap dilakukan pengecekan ulang apakah mereka benar-benar steril dari virus Corona atau tidak.

“Setelah tiba di tanah air para WNI ini akan dilaksanakan kembali tes ulang,” jelasnya.

Dalam proses evakuasi tersebut, para WNI akan didampingi oleh kru yang ditugaskan secara khusus oleh negara.

“Adapun jumlah WNI yang akan dievakuasi sebanyak 69 orang terdiri dari 2 wanita dan 67 laki-laki. Pada saat evakuasi para WNI ini akan didampingi oleh 11 kru dan 12 tim pendamping,” papar Muhadjir.

Selanjutnya dalam proses evakuasi tersebut, pemerintah akan mengerahkan pesawat milik Garuda Indonesia. Dijadwalkan para WNI ABK Diamond Princes akan sampai Bandara Internasional Kertajati malam ini.

“Dari Bandara Kertajati akan dibawa dengan menggunakan 5 kendaraan Bus RSPAD dimana kendaraan tersebut sudah didisinfektan terlebih dahulu. Untuk pesawat Garuda rencana akan tiba di Bandara Kertajati sekitar pukul 23.00 WIB,” tandasnya.

Komentar

News Feed