Arteria Dahlan Nilai Cara Andre Rosiade Jebak PSK Tetap Salah

Hukum26,175 views

Berkeadilan.com – Anggota Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI Arteria Dahlan menilai langkah anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade yang menggerebek pekerja seks komersial (PSK) di Sumatera Barat, tidak dapat dibenarkan.

“Tidak bisa dibenarkan, kerja anggota DPR RI walaupun ada hak imunitas, juga bersandar pada ketentuan dan koridor hukum,” kata Arteria Dahlan di Jakarta, Jumat (14/2/2020).

Menurut dia, meskipun Andre memiliki hak imunitas sebagai anggota dewan, aksi atau tindakannya harus berdasarkan ketentuan dan koridor hukum yang berlaku.

Sementara terkait dengan hak imunitas, lanjut dia, secara tegas diatur dalam Pasal 224 UU MD3, sehingga sepanjang menjalankan tugas, pokok, dan fungsi (tupoksi), itu bisa dilihat apakah Andre memiliki surat tugas atau tidak dalam menggeledah.

“Kalau pengawasan silakan saja. Kemudian hasil pengawasan ditindaklanjuti ke aparat penegak hukum atau kementerian lembaga terkait, bukan dikerjakan sendiri,” tegasnya.

Menurut politikus PDI Perjuangan itu, anggota DPR RI tidak bisa melaksanakan tugas di luar komisi yang bersangkutan.

Ia mencontohkan dirinya sebagai anggota Komisi III DPR, Komisi III yang merupakan mitra kerja kepolisian. Sebelum melakukan sidak, harus bersurat terlebih dahulu ke kepolisian.

“Yang laksanakan penggeledahan itu polisi, bukan kami. Kalau di sini, sudah tidak jelas surat dari mana. Ya, saya tidak tahu, nanti saya mau cek langsung,” tandasnya.

Komentar