oleh

Tuntaskan Persoalan Gundukan Sampah, Ini yang Dilakukan Sekda Baihaqi

-Megapolitan-11.236 views

Lombok Barat, Berkeadilan.com – Gerah melihat semrawutnya tumpukan sampah yang kerap menjadi kritikan dari para pengendara yang melintas di jalur Kediri Praya maupun protes masyarakat lewat media sosial yang kerap menyorot persoalan sampah, akhirnya Sekda Lombok Barat Baihaqi turun tangan. Ia pun langsung memerintahkan jajaran petugas sampah untuk membersihkan sampah yang selama ini menjadi bahan gunjingan dan ocehan warga yang terletak di lokasi Rumah Potong Hewan Kediri itu.

Tak tanggung-tanggung Sekda Lombok Barat yang baru beberapa minggu menjabat ini, memerintahkan juga Anggota Sat Pol PP beserta jajaran yang terkait persoalan penanganan sampah.

“Saya perintahkan untuk nongkrong (berjaga -red) di lokasi tumpukan sampah selama 24 Jam untuk menyelesaikan semua tumpukan sampah yang berserakan, kemudian diangkut ke lokasi yang telah disiapkan,” kata Sekeda Baihaqi dalam sambungan telepon dengan Berkeadilan.com, Sabtu (15/2/2020).

Ia juga menyatakan bahwa persoalan sampah tidak bisa ditunggu-tunggu lagi untuk dibersihkan.

“Tidak ada alasan, semua sampah yang berserakan di seluruh Lombok Barat harus dibersihkan,” imbuhnya.

Jika selama ini dinas yang terkait dengan persoalan sampah ini dianggap lalai, maka ia pun akan menggerakkan seluruh stakeholder yang terkait agar persoalan sampah di wilayah pemerintahannya itu tuntas.

“Kali ini saya akan bangunkan mereka untuk bergerak sampai ke sudut-sudut desa se Lombok Barat untuk bergerak dan menurunkan seluruh armada maupun personelnya agar image Lombok Barat yang disebut lalai dengan tumpukan sampah menjadi clear,” tegasnya.

Putra Lombok Barat yang mencatat sejarah sebagai orang pertama yang mampu menduduki jabatan Sekda ini bertutur, bahwa ketika putera asli yang mendapatkan amanat memerintah akan mengendepankan kepentingan masyarakat sesuai dengan karakter lingkungan yang ada. Dan inilah yang dilakukannya saat ini.

“Inilah bukti nyata jika orang Lombok Barat yang menjadi sekda, segala hal yang menjadi tanggung jawab didaerah ini, pasti dikedepankan dengan landasan tanggung jawab moral sebagai Putra Daerah karena memahami seluk beluk persoalannya serta mengerti karakteristik masyarakatnya,” jelas Baihaqi.

Kembali kepada kasus sampah yang kerap disebut menjadi Sumpah Serapah ini, Baehaqi mengatakan akan menuntaskan sebagai skala prioritas.

Dirinya sudah mengatur jadwal dengan membuat Gebrakan Turun hari Selasa  22/2 Tuntaskan Seluruh Sampah se Lombok Barat untuk meneruskan kegiatan sebelumnya, sehingga sampah tidak lagi terlihat tercecer merusak pandangan dan aroma yang merusah hidung ketika melintas di sejumlah jalan di seluruh kabupaten Lombok Barat.

Sejumlah terobosan lain yang sudah menjadi agenda kerja dan sudah berjalan yaitu melakukan evaluasi di seluruh jajaran SKPD yaitu melaksanakan apel pagi guna melakukan evaluasi dan menanamkan disiplin kembali pada tataran pemerintahan untuk menciptakan pelayanan yang terarah dan profesional kepada masyarakat.

Selain itu, Baihaqi juga menjadwalkan kegiatan Sholat Jum’at keliling ke berbagai Masjid dan bertindak langsung menjadi khotib di seluruh Lombok Barat bersama Bupati serta jajaran lainnya guna mensosialisasikan program kerja Pemerintah, termasuk membangun kesadaran masyarakat dalam menyelesaikan persoalan sampah yang dibahas di atas. (Ach.S)

Komentar

News Feed