oleh

TB. Hasanuddin Dukung TNI Dalam Bertindak Jaga Perairan Natuna

Berkeadilan.com- Merespon polemik perairan Natuna, anggota Komisi I DPR RI TB Hasanuddin meminta TNI agar jangan ragu dalam bertindak untuk menjaga wilayah perairan Natuna.

Tidak hanya TNI, politisi PDI Perjuangan itu menegaskan seluruh rakyat Indonesia siap pun akan turut mendukung dalam menjaga kemerdekaan NKRI, salah satunya dengan menjaga wilayah perairan Natuna.

“Indonesia cinta perdamaian, tapi lebih cinta kemerdekaan, dan siap mempertahankan seluruh wilayah NKRI sampai titik darah penghabisan,” tegas Hasanuddin baru-baru ini.

Tapi, lanjut Hasanuddin, sebelum terjadi hal-hal yang menimbulkan ketegangan yang tidak perlu sebaiknya Indonesia menyelesaikan terlebih dulu persoalan Natuna melalui saluran diplomatik.

“China perlu memahami dan mengakui hukum laut internasional,” tegasnya.

Seperti diketahui, operasi siaga tempur sudah digelar TNI terkait dengan adanya pelanggaran di wilayah perairan Laut Natuna Utara oleh pihak China.

Sebelumnya Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla) menuturkan puluhan kapal nelayan China berkeliaran di landas kontinen Indonesia di sekitar perairan Natuna, Kepulauan Riau.

Kapal-kapal penangkap ikan itu juga dikawal kapal penjaga pantai dan kapal perang China jenis fregat.

China memang menganggap perairan Laut Natuna sebagai bagian dari negaranya. Negeri Tirai Bambu itu menolak kedaulatan Indonesia atas perairan Natuna. (Red)

Komentar

News Feed