oleh

Lawan Kemiskinan, TB Hasanuddin Resmikan Koperasi Paguyuban Pasundan Sumedang

Berkeadilan.com, Sumedang – Demi menekan akses masyarakat bawah ke pelaku shadow banking (Rentenir) dan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, Anggota Komisi I DPRI RI F-PDI Perjuangan, Tubagus Hasanuddin meresmikan Koperasi Paguyuban Pasundan Sumedang (Koppasum) di Desa Sukasari, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Sabtu 7 Desember 2019.

Tubagus mengatakan, program-program Paguyuban Pasundan ini sudah selaras dengan tugas pokok pemerintah, yakni untuk mensejahterakan rakyat. Paguyuban Pasundan mulai melawan kemiskinan melalui koperasi.

”Kalau pendidikan sudah jelas lah, dalam rangka mencerdaskan bangsa,” kata Tubagus Hasanuddin diwawancara Notif di lokasi.

Dikatakan Kang Hasan, sapaan akrabnya, program ini menjadi tujuan bernegara. Kendati demikian, lanjut TB Hasanuddin, pihaknya tentu ingin mengaplikasikannya di daerah-daerah.

“Insha Allah pada tahun depan Koperasi Paguyuban Pasundan akan selesai di 27 Kabupaten/Kota di Jawa Barat,” ucapnya.

Melalui koperasi, menurut TB Hasanuddin, perekonomian rakyat akan berkembang. “Insha Allah akan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Oleh karena itu, dikatakan TB, sebagai Anggota DPR RI dan Dewan Pengaping Paguyuban Pasundan tentu akan mensinkronisasikan program-program tersebut dengan pemerintah daerah maupun pemerintah pusat.

“Saya akan menjembatani itu semua, supaya fasilitas di jalan dalam pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik,” tuturnya.

Misalkan, ditambahkan TB, Koperasi didirikan perlu anggaran atau perlu dana untuk mengoperasikan koperasi itu, termasuk di dalamnya ada program simpan pinjam untuk kemaslahatan umat.

“Semua itu harus dijembatani oleh pemerintah, dan saya yakin pemerintah akan mendukungnya melalui Kementerian Koperasi dan UKM,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Ketua Umum PB Paguyuban Pasundan Didi Turmuzi menuturkan, sejak lama Paguyuban Pasundan sudah mendeklarasikan gerakan 1000 koperasi di Jawa Barat.

“Koperasi-koperasi itusebenarnya sudah ada, tetapi koperasi yang diberi nama Koperasi Paguyuban Pasundan baru didirikan disini ( Sukasari), ” ucapnya.

Setelah diresmikannya Koperasi Paguyuban Pasundan Sumedang ini, dikatakan Didi, pihaknya akan meresmikan koperasi Paguyuban Pasundan di daerah lain di Jawa Barat, yakni Cirebon, Pangandaran, Subang, Majalengka, dan daerah lainnya.

“Melalui koperasi ini kami berharap dapat berjalan sesuai dengan misi dari Paguyuban Pasundan, yakni untuk memberantas kemiskinan, dan basis perjuangan kita itu di grassroot (gerakan akar rumput) yakni untuk meringankan beban semua lapisan masyarakat dan sekaligus menutup akses rentenir yang semakin merajalela,” katanya.(red)

Komentar

News Feed